HNSI Sarankan Nelayan Miliki Kartu Nelayan

   •    Minggu, 25 Mar 2018 14:28 WIB
nelayan
HNSI Sarankan Nelayan Miliki Kartu Nelayan
Perikanan(ANT/Saiful Bahri).

Jakarta: Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan menyarankan seluruh nelayan di daerahnya untuk membuat kartu nelayan.

"Bagi nelayan yang belum membuat kartu nelayan untuk segera membuatnya di dinas terkait," katanya di Sungailiat dikutip dari Antara, Minggu, 25 Maret 2018.

Menurutnya, tercatat kurang lebih 100 nelayan di beberapa sentra produksi yang belum melengkapi dokumen kartu nelayan.

"Sebagai organisasi nelayan, kami mempunyai tanggung jawab moril untuk menyampaikan dan membantu pembuatan kartu nelayan," jelasnya.

Kartu nelayan merupakan wujud penghargaan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap profesi nelayan dengan dikeluarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 16 Tahun 2016. Penerbitan kartu nelayan dapat menjadi instrumen bagi Dinas Kelautan dan Perikanan, KKP dan Kementerian/Lembaga Pemerintah saat memberikan pembinaan dan bantuan penguatan usaha kepada nelayan sehingga lebih tepat sasaran.

"Manfaat penting lainnya bagi nelayan pemenang kartu nelayan sebagai syarat untuk mendapatkan perlindungan asuransi," jelasnya.

Hal penting lainnya, dia menyarankan agar nelayan tetap mematuhi penggunaan alat tangkap ramah lingkungan yang telah ditetapkan pemerintah guna menjaga kelestarian lingkungan penangkapan.

"Penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan harus tetap kita pertahankan guna keberlangsungan ekosistem hayati iya kita," katanya.


(SAW)