Timor Leste Akan Impor Daging Ayam dari Indonesia

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 12 Oct 2017 17:24 WIB
berita kementan
Timor Leste Akan Impor Daging Ayam dari Indonesia
Antara Foto

Metrotvnews.com, Malaka: Indonesia berhasil mengekspor bawang merah ke Timor Leste. Selain bawang merah, Pemerintah Timor Leste juga tertarik untuk mengimpor unggas dan produk unggas dari Indonesia.

Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian dan Perikanan Republik Demokrat Timor Leste Juanita da Costa Jong mengatakan Pemerintah Timor Leste sudah berkomitmen mengimpor unggas dan produk unggas dari Indonesia. Awalnya kedua negara akan menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada hari ini, namun menteri terkait kedua negara berhalangan hadir sehingga penandatanganan MoU dijadwal ulang.

"Jika kedua menteri hadir, akan melakukan MoU agreement untuk ekspor unggas," kata Juanita saat menghadiri launching ekspor bawang merah dari Indonesia ke Timor Leste di Desa Motamasin, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis 12 Oktober 2017.

Juanita juga membicarakan soal peluang kerja sama dengan Indonesia dalam program inseminasi buatan (IB). "Kami sudah menerima dukungan Indonesia terutama masalah IB. IB sudah tahun lalu, hasilnya belum besar, tapi secara perlahan (akan besar)," katanya.

Staf Ahli Menteri Pertanian bidang Infrastruktur Kementerian Pertanian (Kementan) Ani Andayani mengatakan unggas dan produk unggas yang dimaksud yakni daging ayam segar, anak ayam sehari (day old chick/DOC), dan pakan ternak. Timor Leste tertarik mengimpor dari Indonesia, karena biaya lebih murah.

"Mereka biasanya impor dari Brazil dan perjalanannya enam bulan. Kalau dari sini (NTT) kan enam jam," ucap Ani.


(TRK)