Mentan Tantang Kalteng Tanam Jagung di Lahan Seluas 100 Ribu Hektare

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 13 Nov 2017 14:25 WIB
berita kementan
Mentan Tantang Kalteng Tanam Jagung di Lahan Seluas 100 Ribu Hektare
Mentan Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto:Anggi Tondi Martaon)

Palangkaraya: Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman memberikan tantangan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk menanam jagung dalam jumlah besar.

"Bisa enggak 100 ribu hektare? Kalau bisa, kita siapkan benih gratis, pupuk gratis," kata Amran dalam rapat koordinasi pangan Membangun Padi Organik 300 Ribu Hektare, di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin 13 November 2017.

Tantangan itu disampaikan Amran guna memotivasi pemerintah daerah di Kalimantan Tengah untuk memproduksi jagung dalam jumlah besar. Sebab, berdasarkan pengakuan Dinas Pertanian Kalimantan Tengah, mereka hanya bisa menanam jagung dalam hitungan puluhan ribu hektare saja.

"Kecil itu. Kalau bisa 100 ribu hektare. Bisa enggak Pak Kadis (Dinas Pertanian)?" kata Amran.

Amran menjelaskan, saat ini komoditas jagung Indonesia mulai diminati negara lain. Bahkan, Malaysia dan Filipina sudah menjalin kesepakatan ingin mengimpor jagung dari Indonesia.

"Kalau bisa, kebutuhan negara tetangga itu kita yang isi, dan tingkat kemiskinan di Kalteng bisa dikurangi," ucapnya.

Namun, untuk mewujudkan hal itu butuh keseriusan semua pihak, khususnya pemda dan pusat. Setiap tingkatan memiliki tugas masing-masing.

"Nanti kita bagi tugas. Bupati mengamankan lahan, kemudian gubernur mengusulkan, dan di pusat akan kami usahakan. Jadi percobaan saja dulu, Rp200 miliar untuk jagung. Bagaimana Pak Kadis, bisa ya? Kita kontrak ya," ucap Amran.


(ROS)