Kemendag Dorong Produk Lokal Dipasarkan via Daring

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 31 Jan 2018 18:15 WIB
e-commerce
Kemendag Dorong Produk Lokal Dipasarkan via Daring
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (MI/Arya Manggala).

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung pemasaran produk dalam negeri di pasar global. Untuk itu, Kemendag berupaya memfasilitasi produk-produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui laman pemasaran daring (marketplace) tingkat global dan nasional.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan Indonesia harus mengambil peluang dari era perekonomian digital yang terjadi saat ini. Pasalnya, saat ini Indonesia justru menjadi pasar produk asing yang masuk ke Indonesia lewat jalur perdagangan berbasis digital (online).

"Kita harus bisa memanfaatkan marketplace yang besar ini untuk produk kita. Ini harusnya bisa membuka pasar dari produk kita, jangan sebaliknya negara ini hanya jadi pasar dari produk lain," kata dia di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Januari 2018.

Dirinya menambahkan, seluruh pihak juga harus terus aktif melanjutkan kampanye positif atas produk-produk Indonesia, termasuk di dunia maya untuk membangun citra positif produk Indonesia. Apalagi saat ini banyak marketplace yang justru menjual produk luar negeri tanpa adanya aturan.

"Mohon maaf, itulah yang diduga terjadi. Masuknya melalui online dengan bebas bea segala macam. Itu yang melandasi Indonesia waktu sidang WTO menolak moratorium atas bea masuk," lanjut Enggar.

Dalam pertemuan World Trade Organization (WTO) beberapa waktu lalu, Indonesia menolak moratorium atas bea masuk untuk barang yang tidak berwujud (intangible goods). Pemerintah ingin dapat menetapkan bea masuk untuk intangible goods yang berasal dari luar negeri, seperti software ataupun e-book.

"Yang kita menyetujui pembebasan bea itu waktu di transmitnya saja. Tapi sesudah dikirim barangnya, apa itu goods atau lagu maka Indonesia berhak menetapkan bea masuk. Sehingga, kita berikan level of playing field yang sama dengan penjualan offline," pungkasnya.


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA