5 Cara Menyiapkan Dana Pensiun

   •    Jumat, 01 Dec 2017 14:46 WIB
tips keuangan
5 Cara Menyiapkan Dana Pensiun
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Ke depan harga kebutuhan akan semakin meningkat, membuat Anda harus pandai mengelola keuangan. Ditambah sebagai pekerja muda dan baru mendapatkan pekerjaan, pengeluaran Anda akan sangat banyak.

Sebaiknya mulai dari sekarang Anda menyisihkan untuk dana pensiun Anda. Bagaimana caranya? Nah berikut ini adalah tips bagaimana Anda bisa mempersiapkan dana pensiun di masa tua nanti. Berikut ulasannya.

1. Mulai dari Sekarang.
Mungkin Anda berpendapat menabung untuk tabungan hari tua terlalu dini bagi Anda yang masih berusia muda. Namun tidak ada salahnya menabung sedari muda agar nanti tabungan pensiun Anda sudah terkumpul sehingga Anda tidak usah khawatir nanti.

Bila kesulitan, mintalah bantuan orang terdekat atau orangtua untuk bisa membantu Anda menyimpan tabungan atau mengatur keuangan setiap bulannya minimal ada 3-10 persen dari penghasilan yang bisa Anda tabung setiap bulannya untuk persiapan dana pensiun.

2. Investasi.
Jangan hanya menabung tapi Anda juga perlu untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif. Menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan saat ini.

Anda bisa memilih investasi yang sesuai dengan minat Anda. Yang terpenting investasi tersebut sesuai dengan kemampuan Anda baik untuk masalah modal maupun kesiapan Anda dalam berinvestasi.

3. Rencanakan Anggaran Pengeluaran Bulanan.
Buatlah perencanaan anggaran pengeluaran Anda. Hal ini dilakukan agar menghemat pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Rencanakan dan catat setiap pengeluaran yang dilakukan.

4. Dana Darurat.
Seorang yang belum berkeluarga setidaknya harus memiliki simpanan dana darurat sebesar tiga kali gaji bulanan. Sedangkan Anda yang sudah berkeluarga, minimal memiliki enam kali lipat gaji bulanan. Dana darurat berfungsi untuk menjadi penyelamat Anda saat kondisi keuangan sedang memburuk.

5. Menabung.
Sisihkan lah penghasilan Anda untuk tabungan pension Anda. Jangan penghasilan yang masuk langsung dihabiskan hal ini akan membuat keuangan Anda tidak punya cadangan yang cukup. Sehingga bisa saja saat tua nanti Anda malah mengalami kesulitan dalam hal keuangan.

Lalu tunggu apalagi? Segera persiapkan masa pensiun Anda mulai dari sekarang.

Download e-book terbaru dari Tung Desem Waringin "61 Rahasia Menjadi Kaya". Klik di Sini untuk Download.

 


(AHL)