BI Surakarta Siapkan Rp5 Triliun untuk Lebaran

   •    Rabu, 25 Apr 2018 15:04 WIB
bank indonesiauang
BI Surakarta Siapkan Rp5 Triliun untuk Lebaran
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Solo: Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Surakarta akan menyiapkan uang baru sebesar Rp5 triliun untuk kebutuhan Lebaran 2018. Kesiapan yang dilakukan BI ini dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunai.

"Angka ini lebih besar dibandingkan dengan momentum yang sama tahun lalu yaitu Rp4,6 triliun," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Surakarta Bandoe Widiarto, seperti dikutip dari Antara, di Solo, Rabu, 25 April 2018.

Meski demikian untuk kebutuhan pastinya saat ini pihaknya tengah menghitung dan merinci seberapa besar kebutuhannya. "Termasuk pecahan yang banyak dibutuhkan pada saat Lebaran, saat ini sedang kami rinci," katanya.

Mengenai sistem penukaran uang baru, pihaknya juga akan menerapkan cara seperti tahun sebelumnya yaitu dilakukan di Kantor BI, kantor bank umum, dan di tempat-tempat strategis yang ramai.

"Nantinya kami akan melibatkan seluruh kantor bank umum maupun cabang di Soloraya dalam kegiatan penukaran uang baru ini," tukasnya.

Selain itu, Tambahnya, BPR yang tergabung dalam Perbarindo Soloraya juga dilibatkan, setidaknya satu kabupaten satu BPR yang melayani penukaran uang baru. "Secara teknis dalam penukaran uang baru nantinya BPR bekerja sama dengan Kantor Cabang Bank Pembangunan Daerah atau Bank Jateng yang ada di tiap daerah," pungkasnya.

 


(ABD)