Kemenhub: Perhitungan Insentif Maskapai Diserahkan ke AP I dan AP II

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 13 Apr 2018 14:50 WIB
Mudik Lebaran 2018
Kemenhub: Perhitungan Insentif Maskapai Diserahkan ke AP I dan AP II
Menteri Perhubungan Budi Karya. (FOTO: Medcom.id/Dian Ihsan)

Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menganjurkan PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II) untuk memberikan insentif tambahan bagi maskapai yang menyiapkan penerbangan ekstra (extra flight) saat musim mudik Lebaran 2018.

Namun, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tidak terlalu mengatur besaran insentif tersebut. Ia hanya mengatakan sudah sewajarnya maskapai yang bekerja lebih pada Lebaran mendapatkan bonus. Ia juga menyerahkan sepenuhnya terkait perhitungan bonus tersebut kepada AP I dan AP II.

"Berkaitan dengan bonus, kami serahkan ke AP I dan II. Kemenhub hanya menganjurkan itu," kata Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat, 13 April 2018.

Budi menjelaskan, berdasarkan hukum pasar pasti ada kenaikan pesanan penerbangan saat musim mudik tiba. Melihat tahun sebelumnya, lonjakan penumpang bisa terlihat dari satu bulan sebelum hari H.

Sementara untuk jumlah slot penerbangan tambahan, lanjut dia, Kemenhub tidak mematok berapa jumlah slot yang akan diberlakukan. Kemenhub juga menyerahkan jumlah slot tambahan kepada dua perusahaan pelat merah itu.

"Pada dasarnya AP I dan AP II me-manage kemungkinan slot yang akan diberikan. Kemenhub berikan dukungan dengan memberikan izin slot dengan cepat," pungkas dia.

 


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA