Penyaluran Bansos Rasta Kabupaten Karawang Capai 100%

Kautsar Widya Prabowo    •    Jumat, 25 May 2018 06:29 WIB
berasstok berasbansosbulog
Penyaluran Bansos Rasta Kabupaten Karawang Capai 100%
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rahmad)

Jakarta: Perum Bulog mencatat penyaluran Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) di Kabupaten Karawang telah terdistribusikan 100 persen pada periode Januari hingga Mei 2018. Optimalisasi penyaluran yang merupakan program Kementerian Sosial tersebut dilakukan untuk mengentaskan kemiskinan.

Wakil Kepala Perum Bulog Divre Karawang Khuardi menjelaskan Bansos Rastra tersebut ditujukan kepada 240 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KMP). "Bansos Rastra sebanyak 10 ribu ton untuk 240 ribu KMP, Kabupaten Karawang, sudah 100 persen," tuturnya, di Jakarta, Kamis, 24 Mei 2018.

Sedangkan untuk Kabupaten Bekasi, lanjutnya, penyalurannya kurang 30 persen hingga Mei 2018. Awalnya, periode penyaluran di kabupaten tersebut antara Januari hingga Februari. Namun, karena satu dan lain hal membuat periode penyaluran diperpanjang dari Maret hingga April.

"Untuk April baru saja digelontorkan di Mei dan sisa untuk Mei menunggu dari Kemensos," tukasnya.

Sementara itu, Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Karyawan Gunarso menjelaskan, secara nasional Perum Bulog telah melakukan distribusi Bansos Rasta mencapai 97 persen yang ditujukan untuk 1,2 juta kepala keluarga yang tergolong miskin.

"Telah mencapai 625 ribu ton atau 97,13 persen," ujarnya

Adapun penyaluran Bansos Rasta menggunakan beras impor dalam Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang telah mencapai 485 ribu ton dari total 500 ribu ton. Pria yang akrab disapa Gunarso meyakini program tersebut akan terealisasi 100 persen dan nantinya secara perlahan berganti menjadi bantuan pangan nontunai.

Menurutnya seperti namannya maka program tersebut tidak bertransaksi dengan uang tunai. "Bantuan pangan nontunai, transaksinya nontunai karena mengunakan kartu dan Electronic Data Capture (EDC) sebagai mesin bayarnya," tutupnya.

 


(ABD)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA