Persiapan Asian Games

Menteri PUPR Sebut Renovasi GBK Sudah 100%

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 12 Jan 2018 06:31 WIB
asian games 2018
Menteri PUPR Sebut Renovasi GBK Sudah 100%
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar))

Jakarta: Progres persiapan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, untuk menghadapi Asian Games 2018 sudah mencapai 100 persen. Sekarang ini posisinya menunggu penyelesaian tahap akhir dan jika selesai maka seluruh fasilitas sudah bisa dipergunakan dengan baik.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan percepatan penyelesaian ini sejalan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin meresmikan pada Minggu, 14 Januari 2018. Pada hari itu juga bertepatan dengan pertandingan Indonesia versus Islandia.

"Ini 14 Januari 2018 Presiden Jokowi mau meresmikan. Sekalian Timnas Indonesia melawan Islandia. Ini sekalian mau meresmikan. Karenanya kita percepat renovasi ini. Kita uji coba sekarang ini, baik lampu dan suaranya. Pokoknya semua. Ini sudah 100 persen," kata Basuki, ditemui di Stadion GBK, Jakarta, Kamis malam, 11 Januari 2018.

Untuk pencahayaan yang ada di GBK saat ini, Basuki mengklaim, sudah dipilih yang terbaik. ‎"Sekarang katanya ini yang terbaik, sound system-nya juga kita perbaiki semua. Akan lebih dramatis dan maksimum untuk sound system serta lain-lain," tutur Basuki.

Untuk kursinya, dia mengaku, sudah dibangun menjadi single seat atau hanya bisa menampung satu orang, dengan konfigurasi merah putih. Pembangunan di GBK saat ini juga sudah sesuai dengan standar internasional.

"Pokoknya sudah standar internasional. Untuk renang kan standar di Wina, untuk sepak bola juga kita buat standar internasional. Kita bisa mempunyai sarana yang baik. Kita juga punya lift, jadi 15 menit bisa keluar semua penonton yang ada di GBK," pungkas Basuki.

 


(ABD)