ADB Beri Pinjaman USD2 Miliar per Tahun untuk Indonesia

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 20 Feb 2018 19:45 WIB
adb
ADB Beri Pinjaman USD2 Miliar per Tahun untuk Indonesia
ADB (dokumentasi ADB).

Jakarta: Bank Pembangunan Asia (ADB) menyiapkan dana sebesar USD2 miliar sebagai pinjaman bagi Indonesia. Bantuan dana ini bisa digunakan untuk menopang pembangunan infrastruktur yang berbentuk fisik maupun nonfisik.

"Kami menyiapkan kira-kira USD2 miliar per tahun," kata Wakil Presiden ADB Bidang Pengelolaan Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan Bambang Susantono  di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Februari 2018.

Dirinya menambahkan pinjaman akan disalurkan sesuai dengan permintaan pemerintah. Tahun lalu ADB telah menyalurkan pinjaman senilai USD30 miliar untuk pembangunan infrastruktur di negara-negara Asia Pasifik.

Tak hanya itu, ADB juga memberikan pinjaman meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai program vokasional, pendidikan, dan pelatihan. Untuk itu ADB selalu mendukung berbagai program tersebut termasuk untuk sektor sosial, seperti program pendidikan dan kesehatan.

"Hampir semua negara meyakini bahwa SDM adalah kunci. Boleh kita bangun infrastruktur, boleh kita bangun iklim berusaha, tetapi akhirnya pelaku ekonominya yang akan menentukan di pasar," jelas dia.

Menurut dia, pembangunan SDM menjadi penting dalam merespon perkembangan teknologi yang mengancam tenaga kerja. Jika tidak direspon dengan tepat, maka bisa jadi perkembangan digital akan menimbulkan angka pengangguran.



(SAW)