Kalimantan Bisa Mandiri Pangan pada 2017

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 12 Oct 2016 20:50 WIB
pangan
Kalimantan Bisa Mandiri Pangan pada 2017
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman. ANTARA FOTO M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mencanangkan Kalimantan bisa mandiri pangan pada 2017.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman memaparkan dengan luas lahan baku sawah 1.047.837 hektare (ha), kalau dua kali tanam pertahun, maka produksi bisa mencapai lima juta ton. Sedangkan konsumsi per tahun hanya dua sampai tiga juta ton.

Amran juga memaparkan capaian pembangunan pertanian saat ini secara gamblang. Hampir semua komoditas pertanian meningkat secara signifikan.

"Angka Ramalan II (ARAM II) 2016, produksi padi, jagung dan kedele mencapai 79,4 juta ton, 23,16 juta ton dan kedele 0,88 juta ton. Khusus Padi dan jagung masing masing meningkat 4,97 persen dan 18,11 persen dibanding tahun lalu," ujar Amran dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Amran juga menambahkan bahwa saat ini Kementan sedang melaksanakan program pembangunan pertanian sebagai penggerak ekonomi di wilayah perbatasan.

Disisi lain, Amran juga menerima program rumusan dari masing-masing provinsi dan anggaran untuk pembangunan pertanian di Kalimantan. Targetnya adalah mandiri pangan. Fokus komoditas telah disusun dan kebutuhan sarana prasarana telah juga dirumuskan.

Diakhir sambutannya, Mentan menegaskan kembali, bahwa pemerintah bertekad Kalimantan alias bormeo swasembada pangan 2017.

"Untuk mencapai program tersebut Kementan akan memenuhi usulan sarana dan prasaranan dari masing masing propinsi. Khusus untuk jagung, berapapun akan tanam, Kementan siapkan pupuk dan benih," pungkas Amran.


(SAW)