BSM-Bank Aceh Syariah Dukung Konversi Bank Syariah

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 14 Oct 2016 15:26 WIB
bsm
BSM-Bank Aceh Syariah Dukung Konversi Bank Syariah
Direktur Utama Bank Syariah Mandiri Agus Sudiarto (Foto: dokumentasi BSM)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Syariah Mandiri (BSM) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank Aceh Syariah terkait kerja sama pemanfaatan layanan jasa dan produk perbankan. Kerja sama ini sekaligus sebagai bentuk dukungan atas konversi bank syariah.

Nota kesepahaman ditandatangani Direktur Utama BSM Agus Sudiarto dan Direktur Utama Bank Aceh Syariah Busra Abdullah, di Kantor Pusat BSM. MoU mencakup kerja sama bidang produk dan layanan jasa perbankan di antaranya pembiayaan, treasury, commercial, trade finance, pembukaan rekening nostro/vostro dan lain-lain.

"Sebelumnya kami ucapkan selamat kepada Bank Aceh Syariah, dan sebagai bank syariah terbesar, kami siap mendukung dan bersinergi untuk saling mengembangkan potensi bisnis masing-masing," ujar Agus, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Selain kerja sama dalam bidang produk dan layanan, BSM siap melakukan pendampingan baik melalui infrastruktur dan teknologi informasi maupun knowledge sharing mengenai kompetensi sumber daya manusia, bisnis proses, serta operasional perbankan syariah lainnya.

Mengenai kerja sama kedua bank, Direktur Utama Bank Aceh Syariah Busra mengatakan, sebagai bank syariah baru, tentunya pihaknya memerlukan dukungan dari stakeholders. Kerja sama dengan BSM membuka peluang untuk mengembangkan Bank Aceh Syariah

"Aceh memiliki potensi bisnis yang sangat baik bagi pengembangan perbankan syariah disamping karena mayoritas penduduknya Muslim, Aceh pun merupakan satu-satunya wilayah di Indonesia yang menerapkan syariat Islam," jelas dia.

Bank Aceh secara resmi beroperasi sebagai bank umum syariah pada 19 September 2016. Per September 2016, Bank Aceh memiliki aset sekitar Rp20,09 triliun. Jaringan operasional Bank Aceh mencapai 142.


(ABD)