BI: Penjualan Eceran Tumbuh Positif di Oktober 2018

Husen Miftahudin    •    Selasa, 11 Dec 2018 08:31 WIB
pertumbuhan ekonomibank indonesiaekonomi indonesia
BI: Penjualan Eceran Tumbuh Positif di Oktober 2018
Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta (MI/ROMMY PUJIANTO)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan kinerja penjualan eceran pada Oktober 2018 tumbuh positif. Berdasarkan hasil survei penjualan eceran bank sentral, Indeks Penjualan Riil (IPR) Oktober 2018 tumbuh 2,9 persen secara tahun ke tahun atau year on year (yoy).

Menukil siaran resmi yang dirilis BI, IPR Oktober 2018 lebih rendah ketimbang capaian bulan sebelumnya. Pada September 2018, IPR tumbuh 4,8 persen yoy. Kinerja penjualan eceran didukung oleh penjualan eceran pada subkelompok komoditas sandang dan kelompok komoditas bahan bakar kendaraan bermotor.

"Penjualan eceran diperkirakan terus meningkat pada November 2018. Hal ini terindikasi dari pertumbuhan IPR sebesar 3,4 persen yoy," tulis rilis yang dilansir dari laman resmi BI, Jakarta, Senin, 10 Desember 2018.

Pertumbuhan penjualan eceran pada November 2018 diperkirakan didorong oleh subkelompok komoditas sandang, kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, serta barang budaya dan rekreasi. Hasil survei juga mengindikasikan tekann harga di tingkat pedagang eceran akan mengalami peningkatan dalam tiga bulan mendatang, Januari 2019.

"Indikasi tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) tiga bulan yang akan datang sebesar 163,9 atau lebih tinggi dibandingkan dengan survei bulan sebelumnya dengan IEH sebesar 159,3," tutup rilis tersebut.


(ABD)


Tarif Kargo Udara Naik Ratusan Persen

Tarif Kargo Udara Naik Ratusan Persen

5 hours Ago

Tiga maskapai penerbangan yakni Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya melakukan kebijakan me…

BERITA LAINNYA