Annual Meeting IMF-WB 2018

Sektor Riil Bikin Indonesia Makin Solid

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 11 Oct 2018 19:39 WIB
ekonomi indonesiaIMF-World Bank
Sektor Riil Bikin Indonesia Makin Solid
Menko Perekonomian Darmin Nasution di Inaya Putri Bali, Nusa Dua, Kamis, 11 Oktober 2018.Dok: Kemenko Perekonomian.

Nusa Dua: Ekonomi Indonesia terbilang solid di tengah gejolak ekonomi dunia. Pemicunya adalah sektor riil.

"Kita tetap berjalan solid, kalau dilihat dari sektor riil," ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution, saat penandatanganan kesepakatan Indonesia Investment Forum 2018, di Inaya Putri Bali, Nusa Dua, Kamis, 11 Oktober 2018.

Darmin menuturkan, kondisi ini terjadi di tengah gejolak gejolak ekonomi yang menginterupsi irama ekonomi dunia. Mulai dari normalisasi kebijakan moneter negara, pennurunan tingkat pajak di negara tertentu, hingga perang dagang.

Melihat kondisi ini, Darmin mengakui memang perlu dilakukan beberapa penyesuaian dengan beberapa kebijakan yang sudah dilakukan oleh pemerintah.

"Kita sudah bangun single submission agar perizinan makin mudah. Memberi insentif pajak, sampai pelaksanaan b20 secara menyeluruh," tambahnya.

Menilik hal itu, lanjut dia, pemerintah bertekad terus melanjutkan pembangunan yang sudah baik yakni terhadap infrastruktur dan proyek strategis lainnya.

Kendati tidak menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, namun ekonomi Indonesia berkualitas dan rakyat bisa menikmati serta memanfaatkan infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah.

"Kita pertajam waktu dan pelaksanaan  berbagai proyek strategis dan infrastruktur. Kita akan meneruskannya, di samping fokus pada sumber daya manusia untuk melengkapi pelaksanaan infrastruktur," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Darmin pemerintah masih akan mengeluarkan sejumlah kebijakan dan membuka ruang untuk memudahkan para investor dengan memberikan insentif pada investor tertentu.

Pemerintah Indonesia di bawah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sejak awal pemerintahannya sangat bersemangat dan fokus membangun infrastruktur dan proyek strategis.

Pada tahun ketiga pemerintahannya, bukan hanya pertumbuhan berjalan baik tapi sekaligus tingkat kemiskinan dan pengangguran turun secara konsisten.

"Ada hal yang kita mungkin tidak menangkapnya dengan baik bahwa pembangunan sudah lama. Indonesia boleh dikatakan terlambat dengan proyek, yang penting saat ini menghidupkan ekonomi, baik di daerah maupun luar," pungkasnya.

 


(SAW)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

20 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA