Siap-Siap, Mulai 31 Oktober Seluruh Pembayaran Tol Harus Pakai Nontunai

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 08 Sep 2017 18:36 WIB
jalan tolenam ruas jalan tol
Siap-Siap, Mulai 31 Oktober Seluruh Pembayaran Tol Harus Pakai Nontunai
Ilustrasi. (FOTO: MI/Angga Yuniar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memastikan jika pembayaran nontunai untuk seluruh jalan tol siap dilaksanakan pada 31 Oktober. Hal ini sebagaimana keputusan pemerintah yang menghapuskan transaksi tunai untuk jalan tol.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan, pada 31 Oktober merupakan batas terakhir (due date) transaksi nontunai di seluruh gerbang tol. Karenanya sebelum tanggal itu, para pengguna diharapkan sudah mempersiapkan diri.

"Nanti semua gerbang tak lagi melayani transaksi tunai. Artinya kalau mau bayar harus beli kartu. Tidak ada lagi menyiapkan uang kembalian," ujarnya di Kantor Pusat Jasa Marga, Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jumat 8 September 2017.

Dirinya menambahkan, saat ini seluruh gerbang tol sudah siap menerima transaksi nontunai dengan Gerbang Tol Otomatis (GTO), maupun gerbang tol hybrid yang bisa menerima transaksi baik tunai maupun nontunai. Namun setelah batas waktunya maka transaksi tunai tidak akan dilayani lagi.

"Dari sisi kesiapan, saat ini seluruh gerbang tol pada prinsipnya telah bisa menerima pembayaran nontunai. Sehingga yang dibutuhkan adalah kesadaran masyarakat tidak lagi menunda penggunaan uang elektronik saat masuk ke jalan tol," jelas dia.

Lebih lanjut, penggunaan uang elektronik untuk jalan tol juga mempercepat pelayanan bagi masyarakat. Apalagi selama ini volume kendaraan yang menumpuk di gerbang tol menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan sehingga mengurangi kualitas, kenyamanan, dan keamanan jalan tol.

"Ini bukan lagi pilihan, tapi keputusan. Karena pada waktunya nanti, akan terjadi chaos di sana kalau ini tidak dilaksanakan. Kita menuju penyelenggaraan jalan tol yang lebih bermartabat bahwa semua infrastruktur ada kapasitasnya. Termasuk jalan tol," pungkasnya.

 


(AHL)