Telkom Lunasi Pinjaman Sebesar Rp1 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 07 Aug 2017 16:55 WIB
telkom
Telkom Lunasi Pinjaman Sebesar Rp1 Triliun
Illustrasi. MI/ROMMY PUJIANTO.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) lewat anak usahanya, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) telah melunasi pinjaman sebesar Rp1 triliun. Pinjaman itu diperoleh dari tiga perbankan, yaitu ‎PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dan ‎Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ.

Pelunasan direalisasikan pada 25 Juli 2017. Sedangkan pinjaman diperoleh sejak 8 April 2015, dengan batasan jatuh tempo di Desember 2017. Pinjaman yang didapatkan untuk modal kerja perusahaan.

Setelah adanya pelunasan, Direktur Keuangan Telekomunikasi Indonesia ‎Harry M. Zen mengaku, perseroan belum ada rencana untuk melakukan pinjaman atas sejumlah utangnya di sisa semester II tahun ini. Sebab, perseroan akan fokus pada realisasi proses merger and acquisition.

"Kami akan fokus pada proses M&A di semester II ini," tutur Harry,ditemui dalam acara Public Expose Marathon di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Senin 7 Agustus 2017.

Manajemen mempunyai rencana 10 ekspansi organik yang berujung pada agenda M&A. ‎Namun, perusahaan yang bergerak di bidang menara akan menjadi prioritas utama perseroan.

"Soalnya, bisnis menara itu yang paling strategis," terang David.

Adapun terkait masalah pendanaan yang akan dialokasikan, manajemen juga belum bisa memberitahukan angka pastinya. Karena, masalah pendanaan ekspansi anorganik bergantung dengan nilai merger yang akan dilakukan perseroan.

Makanya, dana ekspansi anorganik perseroan berada di luar anggaran belanja modal sebesar Rp26,7 triliun sampai Rp29 triliun di tahun ini. Dana yang sudah terpakai sebesar Rp16,7 triliun di semester I-2017. Jika biaya M&A terlalu besar, maka perseroan akan mencari pendanaan lewat market. Asal tahu saja, dana TLKM berupa kas dan setara kas mencapai Rp19,07 triliun di Juni 2017.


(SAW)