Ekonomi Makassar Diharapkan Tumbuh dengan Teknologi

   •    Senin, 07 Aug 2017 15:03 WIB
ekonomi daerah
Ekonomi Makassar Diharapkan Tumbuh dengan Teknologi
Menristekdikti Mohamad Nasir (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Metrotvnews.com, Makassar: Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir berharap perekonomian Makassar tumbuh dengan dukungan teknologi setelah Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22 yang dipusatkan di Kota Makassar pada 10 Agustus 2017.

"Harapan saya dengan Hakteknas di selenggarakan di Makassar nanti pertumbuhan ekonomi berbasis teknologi ini akan lebih baik," tutur seperti dikutip dari Antara, Senin 7 Agustus 2017.

Pertumbuhan ekonomi berdasarkan pemanfaatan teknologi, kata Menristekdikti, juga akan memajukan masyarakatnya. Teknologi dan inovasi merupakan hal yang sangat penting di era digital terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Tanpa ada inovasi dan pengembangan teknologi, kita tidak akan bisa maju. Dengan tenologi kita akan maju, mari kita bersama-sama menggelorakan inovasi agar Indonesia semakin maju," tutur dia.

Adapun teknologi dan inovasi yang akan dipamerkan dalam Hakteknas ke-22 antara lain produk coklat dan kopi Tanam Serentak Teknologi IPAT-BO dari Unhas, robot tari dari Poltek Ujung Pandang, sepeda motor listrik Roda tiga, drone balap dan hidroponik dari UNM, robot pemadan api dari STIMIK Handayani dan alat terapi microcontroler dari Universitas Sawerigading.

Selain memiliki garis pantai terpanjang di Indonesia, Sulawesi Selatan dipilih sebagai lokasi puncak Hakteknas karena memiliki pelabuhan perikanan rakyat besar dengan dinamika pembangunan di pesisir yang paling tinggi di Indonesia.

Kebangkitan teknologi nasional berawal dari keberhasilan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa itu membuktikan Indonesia mampu menguasai iptek dan inovasi sebagai modal untuk bersaing dengan bangsa lain.


(ABD)