Pengamat Apresiasi Pengembangan Program Minapadi

   •    Senin, 11 Sep 2017 14:04 WIB
pertanianpetani
Pengamat Apresiasi Pengembangan Program Minapadi
Ilustrasi (Antara Foto/Yusran Uccang)

Metrotvnews.com, Kupang: Pengamat Pertanian dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang Ir Leta Rafael Levis mengapresiasi pengembangan progam minapadi yang dilaksanakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Langkah ini diharapkan bisa mempercepat sejumlah target nasional di bidang ekonomi.

"Program ini sejalan dengan target Presiden Joko Widodo untuk swasembada pangan khususnya beras, jagung, dan kedelai pada 2018," katanya, seperti dikutip dari Antara, Senin 11 September 2017.

Ia mengemukakan hal itu terkait program-program berbasiskan kepentingan masyarakat banyak, yang sangat strategis untuk ketahanan pangan nasional. Presiden Joko Widodo melalui Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan mendukung Kementerian Kelautan dan Perikanan atas pelaksanaan program prioritas budidaya minapadi.

Menurut Levis, untuk mencapai ketahanan dan swasembada pangan tersebut, pemerintah merangkumnya dalam upaya khusus dengan fokus pada tujuh komoditas utama yakni padi, jagung, kedelai, bawang merah, cabai, daging, dan gula.

Sedang, pada 2018, difokuskan pada tiga komoditas, yakni padi, jagung dan kedelai (Pajale). Di sini, kata dia, pemerintah fokus pada perbaikan jaringan irigasi, perluasan areal tanam, pengadaan alat-alat pertanian modern, serta bantuan sarana produksi (benih, pupuk, pestisida).

Langkah ini, kata Ketua Penyuluh Pertanian NTT itu, perlu ditindaklanjuti oleh Dinas Pertanian dan Perkebunana daerah, sehingga ada sinergitas antara puat dan daerah dalam mewujudkan keinginan Presiden Jokowi tersebut.

"Dengan memperluas areal lahan dan meningkatkan jumlah tanam, diharapkan produksi beras di NTT bisa meningkat, sehingga dapat menekan masuknya beras dari luar daerah untuk kebutuhan masyarakat daerah ini," pungkasnya.


(ABD)