Legislator Minta Masalah Perikanan Kota Bitung Diselesaikan

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 29 Sep 2017 11:12 WIB
berita dpr
Legislator Minta Masalah Perikanan Kota Bitung Diselesaikan
Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono (Foto:Dok.DPR RI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Provinsi Sulawesi Utara salah satu daerah di Indonesia Timur memiliki potensi besar di sektor industri perikanan. Namun, potensi itu tidak bisa dikembangkan dengan baik karena berbagai permasalahan.

Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono meminta permasalahan industri perikanan Kota Bitung diselesaikan secara subtansial. "Dengan kehadiran Komisi IV di sini diharapkan pemerintah segera menyelesaikan masalah perikanan di Kota Bitung secara substansial dan solusi mendasarnya bisa ditemukan" ungkap Ono Surono baru baru ini saat dialog dengan Walikota Bitung, Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan beserta pelaku usaha dan nelayan.

Ono menyebutkan, salah satu permasalahan yang dihadapi oleh industri perikanan adalah pelarangan muatan. Akibatnya, banyak industri perikanan terancam coleps.

Adanya Peraturan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Nomor 1 Tahun 2016 tentang Penangkapan Ikan dalam satu kesatuan operasi ternyata tidak juga bisa menyelesaikan masalah, terutama menyediakan bahan baku lokal. Saat ini, tiga pabrik pengalengan ikan yang masih aktif beroperasi pun mengandalkan impor untuk memenuhi bahan bakunya industri.

"Dampak yang terjadi yang selama ini belum terekspos, salah satu pabrik pengolahan ikan disana mereka telah mem PHK 1.700 karyawannya. Belum lagi pabrik-pabrik lainnya, diantaranya pabrik pengalengan, pabrik ikan cakalang dan tuna," sebutnya.

Oleh karena itu, ia mendesak pemerintah, dalam hal membuat kebijakan khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan harus lebih banyak berkomunikasi dengan nelayan dan para pelaku usaha perikanan. "Jangan membuat kebijakan secara sepihak dampaknya juga diinventarisir sehingga tidak terjadi hal yang sama ke depannya," tandas dia.


(ROS)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA