Bangun Desa Mandiri, Menko Darmin: Akses Petani Harus Dibuka Luas

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 19 May 2017 15:24 WIB
pembangunan desa
Bangun Desa Mandiri, Menko Darmin: Akses Petani Harus Dibuka Luas
Menko Perekonomian Darmin Nasution (tengah). (MTVN/Amal)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan dalam melahirkan petani yang berorientasi pasar, akan ada akses luas bagi petani. Dengan demikian, pembangunan desa mandiri akan bisa direalisasikan.

"Basis utama dari desa mandiri adalah membangun infrastruktur pasar yang dapat mendukung peningkatan nilai tambah hasil produksi sektor pertanian. Di samping itu, dibutuhkan pula pembangunan fasilitas yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan utama petani di desa," ujar Darmin, ditemui di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat 19 Mei 2017.

Selain itu, demi menjadikan desa mandiri perlu mengatasi masalah migrasi penduduk yang benar dan baik. Menurut dia, migrasi penduduk desa di penjuru Indonesia mencapai 4 persen per tahun. Angka itu merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.




Salah satu penyebab meningkatnya penduduk melakukan migrasi, lanjut Darmin, karena rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat desa yang sebagian besar memiliki pekerjaan sebagai petani.

Petani yang menetap di kampung halamannya, Darmin mengaku, tidak mempunyai panyak pilihan. Sehingga hanya bisa menggarap hasil bertaninya sendiri ke pasar.

"Dari sini, kita harus mulai bergerak untuk melakukan transformasi pada petani-petani yang awalnya hanya bersifat subsisten menjadi lebih berorientasi pada pasar," pungkas Darmin.

 


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA