Kemunculan Bank Tanah Bisa Mematikan Spekulan

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 14 Nov 2017 15:42 WIB
bank tanah
Kemunculan Bank Tanah Bisa Mematikan Spekulan
Bank Tanah. ANT/ADITYA PRADANA PUTRA.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah akan segera mendirikan bank tanah atau land bank. Kemunculan lank bank akan mematikan peran spekulan yang selama ini membuat harga juat tanah menjadi tinggi.

Ketua Tim Teknis Pembentukan Bank Tanah, Himawan Arief Sugoto mengatakan selama ini banyak lahan yang diterlantarkan atau tidak digunakan dan bahkan dibiarkan menganggur dalam jangka waktu hingga 30 tahun.

Begitu tahu kalau ada pihak yang mencari dan ingin menggunakan, misalnya dibebaskan untuk pembangunan infrastruktur pemerintah, harganya menjadi mahal.

"Jadi biasanya kegiatan seperti itu pasti berharap dia naikkan untuk mendapat capital  gain, menaikkan harga tanah. Itu yang kita hindari, jadi tanah tidak boleh dijadikan spekulan," kata Himawan di Kementerian ATR, Jakarta Pusat, Selasa 14 November 2017.

Dia bilang, pemerintah akan mengambil alih lahan yang hak guna usaha (HGU) sudah habis masa kontraknya, atau yang memiliki HGU namun tak dimanfaatkan. Misalnya lahan perkebunan dengan izin HGU, namun kebunnya tidak benar-benar digunakan sesuai peruntukannya.

"3.000 ha itu sudah clean and clear. Tadi kita sudah bersepakat sama pemilik lahannya itu. Sebagian silahkan kembangkan lahan kembali dan yang tidak bisa dikembangkan ya kita ambil alih," pungkas dia.


(SAW)