Ekspor Beras ke Malaysia Masih Percobaan

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 21 Oct 2017 09:55 WIB
ekspor impor beras
Ekspor Beras ke Malaysia Masih Percobaan
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Metrortvnews.com Sanggao: Kementerian Pertanian (Kementan) telah sukses menyelenggarakan launching eskpor beras ke Malaysia dari daerah perbatasan di Kalimantan Barat (Kalbar). Indonesia mengekspor sebanyak 25 ton beras ke Malaysia.

Pemerintah Malaysia melalui Timbalan Ketua Setia Usaha Kementerian Pertanian (Kementan) Malaysia, Datuk Sallehuddin Bin Hassan mengatakan impor beras dari Indonesia masih dalam tahap percobaan. Impor beras akan dilakukan secara bertahap.

"Kita masih mengimpor beras sebagaimana pak Menteri (Mentan Indonesia Andi Amran Sulaiman) sampaikan 1 juta ton, ini masih percobaan," ujar Salleh ditemui di Desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat 20 Oktober 2017.

Salleh mengakui jika mengimpor beras dari Indonesia lebih menguntungkan. Selama ini Malaysia selalu mengimpor dari Vietnam dan Thailand. Dari segi biaya transportasi, ongkos produksi lebih murah dari Indonesia.

"Vietnam dan Thailand kurang lebih sama (dengan harga dari Indonesia). Di bawah 2,5 ringgit," ungkapnya.

Selain beras, lanjut Salleh, Malaysia melirik ingin mengimpor beberapa komoditas lainnya dari Indonesia. Sejauh ini Malaysia juga telah mengimpor jagung dari Indonesia.

"Selain itu ada cabai dan juga bawang merah," pungkasnya.

 


(AHL)