Bisa jadi Ruang Publik, Jokowi: Renovasi GBK Terbagus

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 02 Dec 2017 17:04 WIB
renovasi gbk
Bisa jadi Ruang Publik, Jokowi: Renovasi GBK Terbagus
Arena Aquatik Stadion. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Jakarta: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan kekagumannya terhadap proyek renovasi fasilitas olahraga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Ia mengatakan perbedaan kawasan GBK sebelum direhabilitasi dengan kondisi saat ini sangat mencolok. Menurutnya, kawasan GBK saat ini adalah yang terbagus.

"Kalau kita bandingkan sebelum dengan setelah direhabilitasi total ini ada perbedaan yang sangat mencolok," kata Jokowi usai menandatangani prasasti sarana Aquatik Stadion, di Senayan, Jakarta, Sabtu, 2 Desember 2017.

Namun demikian, dirinya tak ingin menilai hasil renovasi GBK dari sisi apa saja. Ia justru melempar jawaban atas penilaian renovasi tersebut kepada pelatih dan atlet.

"Silakan tanyakan ke atlet atau ke pelatih perbedaan seperti apa. Ini yang terbagus," ungkap dia.

Pantauan Medcom.id di lapangan, banyak sekali perubahan yang terdapat di setiap sudut sarana olahraga di kawasan GBK. Banyak bangunan-bangunan baru di setiap arena. Selain itu, di bagian kursi penonton juga dibuat 'single chair'.



Sedangkan pada sarana Aquatic Stadion, arena tersebut terlihat bersih, megah, dan cocok untuk perhelatan Asian Games 2018. Aquatic Stadion dapat menampung 8.000 penonton.

Di dalam arena tersebut terdapat beberapa kolam renang. Di tempat ini, nantinya akan terselenggara berbagai pertandingan seperti loncat indah, polo air, renang, dan renang indah.

Jokowi meminta pasca Asian Games supaya arena olahraga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat untuk kegiatan positif dan menjadi ruang terbuka untuk publik.

"Yang paling penting bahwa lingkungan, kawasan, senyawa GBK jadi ruang publik untuk masyarakat. Tidak hanya olahraga, bisa jadi ruang publik, open space," tutup dia.

 


(AHL)