BI Antisipasi Kenaikan Inflasi Bali selama Pertemuan IMF-WB

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 14 Mar 2018 00:03 WIB
inflasiimf-world bank
BI Antisipasi Kenaikan Inflasi Bali selama Pertemuan IMF-WB
Gubernur BI Agus Martowardojo. MI/PALCE AMALO.

Jakarta: Bank Indonesia (BI) siap mengantisipasi kenaikan inflasi di Bali, selama Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018. Pasalnya kenaikan biaya angkutan udara hingga hotel di Pulau Dewata ini dikhawatirkan membuat inflasi melonjak tinggi.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pihaknya akan memastikan koordinasi dalam mengelola inflasi akan berjalan baik. Bahkan antisipasi terhadap inflasi sudah dilakukan jauh-jauh hari.

"Kita sudah mempersiapkan ini dua tahun. Jadi kita sangat terima kasih peran dari Gubernur Bali dan forum komunikasi pimpinan daerahnya yang semua melakukan koordinasi dengan baik," kata dia di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Dr Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Selasa 13 Maret 2018.

Tak hanya itu, BI juga akan berkoordinasi dengan pemerintah agar menyediakan kebutuhan para delegasi yang akan hadir di Bali. Dengan ketersediaan yang mencukupi maka kenaikan harga diyakini bisa dikendalikan dengan baik, sehingga tidak membuat inflasi melonjak tinggi.

"Kita merespon, jadi aspek inflasi akan terkendali dengan koordinasi yang baik, termasuk penyediaan supply-nya sehingga tidak terjadi kenaikan harga karena permintaan tinggi tapi tidak ada penawaran," jelas dia.

Dirinya memperkirakan akan ada banyak kebutuhan yang nantinya mengalami peningkatan seiring banyaknya tamu yang datang ke Bali. Untuk itu, pemerintah akan memastikan seluruh kebutuhan bisa dipenuhi, termasuk penerbangan menuju Bali yang akan ditambah lagi.

"Penerbangan dari kota-kota besar ketika dirasa kurang juga langsung diputuskan untuk melakukan koordinasi agar bisa ditingkatkan. Kita juga libatkan asosiasi atau unit kegiatan yang ada di Bali untuk bisa merespon tentang kebutuhan yang nanti mendesak ke depan," pungkasnya.


(Des)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA