KAI Bakal Lengkapi Kereta dengan Wifi

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 09 Jan 2018 15:00 WIB
kereta api
KAI Bakal Lengkapi Kereta dengan Wifi
Ilustrasi Kereta Api. MI/Galih Pradipta.

Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan melengkapi seluruh kereta dengan jaringan internet nirkabel atau Wifi. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyaman yang lebih baik kepada setiap penumpang sehingga kereta bisa menjadi salah satu moda transportasi yang disukai.

"Sudah kami pikirkan adalah kereta api semuanya harus menggunakan Wifi. Sebenarnya ini sudah dibicarakan cukup lama karena itu sudah kebutuhan," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Jakarta Railway Center (JRC), Juanda, Jakarta Pusat, Selasa, 9 Januari 2018.

Dirinya menambahkan saat ini hampir seluruh pengguna kereta memiliki telepon genggam atau handphone. Dengan adanya layanan Wifi diharapkan kenyamanan para pengguna kereta bisa ditingkatkan baik kereta api jarak jauh, bahkan untuk commuter line.

"Orang naik kereta baik KA 1, KA 2, KA 3, atau commuter kine sekalipun itu punya handphone. Jadi (dengan adanya jaringan Wifi di kereta) mereka bisa ber-handphone ria semuanya di dalam kereta itu," jelas dia.

Menurut Edi, rencana ini sebenarnya sudah lama ingin direalisasikan oleh KAI mengingat kebutuhan masyarakat. Hanya saja sejauh ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut masih mendiskusikan hasil akhirnya.

"Sebenarnya ini sudah dibicarakan sejak lama karena ini sudah kebutuhan orang yang naik kereta semua punya handphone. Pembicaraan terus berlangsung tapi belum putus. Tahun ini harusnya sudah tapi mungkin bertahap," pungkasnya.

Sementara itu, Edi menyebut jika kebutuhan dana untuk merealisasikan rencana tersebut masih terus dihitung. Namun yang pasti dirinya ingin seluruh kereta nantinya sudah dilengkapi Wifi, di mana saat ini sudah beberapa stasiun yang memiliki koneksi Wifi.


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA