LPS Naikkan Suku Bunga Penjaminan Simpanan

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 06 Jun 2018 21:02 WIB
lps
LPS Naikkan Suku Bunga Penjaminan Simpanan
LPS Dok: LPS.

Jakarta: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memutuskan untuk menaikkan tingkat bunga penjamin simpanan dalam rupiah dan valas di bank umum serta simpanan dalam rupiah di bank perkreditan rakyat (BPR). Keputusan tersebut diambil dalam rapat dewan komisioner (RDK) LPS pada Senin lalu.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah menyebutkan untuk tingkat bunga simpanan penjaminan rupiah di bank umum serta BPR naik sebesar 25 basis poin sehingga masing-masing menjado enam persen dan 8,5 persen. Sementara untuk tingkat bunga pinjaman valas di bank umum naik 50 basis poin menjadi 1,25 persen.

"Kenaikan tngkat bunga penjaminan berlaku mulai hari ini 6 Juni 2018 hingga 17 September 2018," kata Halim dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.

Halim menjelaskan kenaikan tingkat bunga tersebut telah melalui beberapa pertimbangan di antaranya yaitu pertama tren suku bunga simpanan mulai menunjukkan tren kenaikan dan berpotensi untuk merespons kenaikan suku bunga kebijakan moneter.

Kedua merujuk pada kondisi dan risiko likuiditas relatif terjaga meskipun terdapat tendensi meningkat. Ketiga melihat kondisi stabilitas sistem keuangan (SSK) yang stabil meskipun tekanan nilai tukar dan volatilitas pada pasar keuangan masih belum mereda.

"Dengan mempertimbangkan hal tersebut maka LPS memutuskan untuk menaikan LPS rate yang berlaku untuk simpanan rupiah di bank umum dan BPR serta simpanan valas di bank umum," jelas Halim.

Lebih lanjut Halim menambahkan seharusnya jika merujuk pada ketentuan, LPS menetapkan tingkat bunga penjaminan sebanyak tiga kali dalam satu tahun yakni di bulan Januari, Mei, dan September kecuali terjadi perubahan pada kondisi perekonomian dan perbankan secara signifikan

"Karena saat ini terjadi dinamika cukup tinggi, LPS tidak akan sungkan untuk menyesuaikan apabila memerlukan adanya penyesuaian," pungkas Halim.



 


(SAW)


Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

10 hours Ago

Struktur organisasi dari BP Batam dipastikan tidak berubah meski figur pemimpin dalam organisas…

BERITA LAINNYA