Pemerintah Serahkan Proyek Infrastruktur Menguntungkan bagi Swasta

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 24 Nov 2016 20:46 WIB
infrastruktur
Pemerintah Serahkan Proyek Infrastruktur Menguntungkan bagi Swasta
Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet Dwi Pramadia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berencana memberikan porsi lebih banyak untuk swasta dalam pembangunan proyek infrastruktur. Terlebih lagi jika pemerintah memandag proyek tersebut menguntungkan (profitable) untuk dijual kepada pihak swasta.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, saat ini pembangunan infrastruktur masih dilakukan secara sporadis. Untuk itu ke depannya pemerintah akan menyaring proyek mana yang akan dibiayai oleh dana APBN dan yang diserahkan kepada swasta.

"Ke depan kita mau saring dari awal, mana proyek yang bisa dibiayai swasta mana yang memakai APBN, yang profitable tidak akan kita masukan pakai APBN biar swasta saja," kata Darmin di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2016).




Meskipun begitu, pemerintah akan tetap menetapkan standar khusus untuk swasta yang akan menggarap proyek infrastruktur. Hal ini agar pemakai dari infrastruktur atau masyarakat penggunanya tidak dirugikan dengan pengenaan biaya yang mahal.

Sementara itu, untuk payung hukum sekuriti aset tersebut pemerintah akan menggunakan Peraturan Pemerintah (PP). Pasalnya untuk menetapkan undang-undang dibutuhkan waktu yang cukup lama sehingga aturannya tidak bisa segera diimplementasikan

"Undang-undang belum, tapi sudah ada peraturannya, yang penting nanti sekuritisasinya beragun aset. Misalnya jual surat berharga, prinsipnya sederhana saja, ada yang bilang perlu UU idealnya begitu, tapi prakteknya enggak ada, tapi jalan, yang ada sekarang PP," jelas dia.

 


(AHL)