BI: Rupiah tak Bisa Dibatasi di Level Tertentu

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 10 Oct 2018 19:09 WIB
kurs rupiah
BI: Rupiah tak Bisa Dibatasi di Level Tertentu
Illustrasi. Dok;AFP.

Nusa Dua: Bank Indonesia (BI) menyatakan nilai tukar rupiah tidak bisa dibatasi di level tertentu agar tidak bergerak liar.

Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia (BI) Doddy Zulverdi mengatakan kunci untuk menghadapi agar kurs rupiah tidak jatuh terlalu dalam yakni dengan melakukan adaptasi. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa negara dalam Central Banking Forum.

"Yang dilakukan bukan menahan nilai tukar pada level berapapun melainkan melakukan penyesuaian," kata Doddy di Bali, Rabu, 10 Oktober 2018.

Doddy mengatakan dari hasil diskusi bersama bank sentral Meksiko, Afrika Selatan, Filipina dan Malaysia semuanya menghadapi tekanan pada nilai tukar rupiah. Mereka menekankan pentingnya menjaga resiliensi agar tidak bergerak liar.

Selain itu dia juga mengatakan agar perlu ditekankan pula pentingnya memperkuat instrumen lindung nilai (hedging). Dia bilang dengan kondisi nilai tukar yang tidak bisa dipaksakan di level tertentu maka harus dipastikan semua pelaku ekonomi melakukan hedging.

"Beberapa tahun terakhir kita terus mendorong hedging," jelas dia.

Dia menambahkan beberapa negara termasuk Indonesia yang memiliki defisit transaksi berjalan (CAD) harus melakukan upaya serius untuk menurunkan defist tersebut. Sebab negara dengan defisit transaksi berjalan memiliki risiko yang lebih besar terhadap arus modal keluar.

"Kita negara-negara dengan CAD, aliran valas pasti berkurang," pungkas dia.


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

2 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA