Perputaran Ekonomi Pedesaan Dongkrak UKM Masyarakat

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 12 Feb 2019 18:50 WIB
ukmumkm
Perputaran Ekonomi Pedesaan Dongkrak UKM Masyarakat
Edukasi dari mahasiswa untuk masyarakat pedesaan mendongkrak pendapatan warga. (FOTO: ist)

Jakarta: Perputaran ekonomi di pedesaan diklaim meningkat sehingga bisa membuat pedesaan semakin mandiri tanpa bergantung pada daerah lain.

"Kita masuk ke desa untuk mengembangkan desa itu sendiri agar perdagangannya bisa tumbuh dan lebih berinovasi," ujar Dekan Universitas Prasetiya Mulya Agus Wijaya Suhadi dalam keterangannya, Selasa, 12 Februari 2019.

Agus mencontohkan pertumbuhan perekonomian masyarakat Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang meningkat. Keterlibatan para mahasiswa dan mahasiswi yang membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya menjadi salah satu strateginya.

"Di 2018 kita melibatkan 200 mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya dan tahun ini kita libatkan 900 mahasiswa untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UKM masyarakat Cianjur dalam Saung Rahayat 2019," jelas dia.

Dirinya menambahkan di setiap kegiatan yang dilakukan bersama para mahasiswa, pihak universitas memberikan modal sebesar Rp2 juta untuk menambah permodalan usaha masyarakat setempat.

"Ada 115 mitra yang tumbuh di setiap kecamatan, dari jumlah mitra yang bertahan sebesar 60 persen, maka ada 20 persen yang tumbuh. Bahkan, nilai omzet bisa mencapai di atas Rp10 juta per bulan," bebernya.

Dalam melakukan pengembangan usaha masyarakat, para mahasiswa diharapkan bisa menularkannya kepada masyarakat lainnya, sehingga bisa menambah sumber daya manusia di Cianjur.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan kehadiran para mahasiswa ini telah mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di daerah tersebut membaik.

"Data BPS (Badan Pusat Statistik) Jawa Barat, mencatat pertumbuhan IPM di Cianjur dari 2016 sebesar 65,13 meningkat menjadi 65,49 di 2017. Ini menunjukkan perkembangan perekonomian bagi masyarakat Cianjur," tambahnya.

Selain itu masyarakat juga diajarkan menjual produk UMKM menjadi lebih inovatif melalui belanja online. "Pendapatan masyarakat yang tadinya hanya Rp1 juta kini mencapai Rp4 juta. Ini artinya terjadi peningkatan hingga 300 persen," bebernya.

Selain ekonomi tumbuh, masyarakat juga menjadi lebih kreatif. "Kerajinan masyarakat juga bertambah, kita berharap keterlibatan mahasiswa dan mahasiswi terus terjalin, cara inilah bisa membawa masyarakat kepada pemikiran yang lebih maju," paparnya.


(AHL)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA