Hingga Enam Bulan Stok Pangan Aman

   •    Selasa, 29 Nov 2016 14:49 WIB
bulog
Hingga Enam Bulan Stok Pangan Aman
Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita. MI/Galih Pradipta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan stok bahan pangan akan mencukupi hingga enam bulan mendatang.
 
"Stok sembako enggak perlu dikuatirkan. Beras Bulog cukup dalam enam bulan ke depan," kata Menteri Enggartiasto, usai bertemu Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menhub Budi Karya, di Mabes Polri dikutip dari Antara, Selasa (29/11/2016). 

Sementara persediaan pangan secara keseluruhan diperkirakan mencukupi hingga Februari 2017.  Ia justru mengkhawatirkan jalur distribusi pangan yang rawan gangguan.

"Yang saya kuatirkan distribusinya, karena ada faktor cuaca, kemacetan," ujarnya. Untuk mengantisipasi terhambatnya jalur pendistribusian pangan, ia telah berkoordinasi dengan sejumlah distributor utama pangan.

"Kami minta distributor amankan jalur distribusi. Agar (distributor utama) menyiapkan diri untuk menyalurkan (pangan) hingga ke distributor ke-4, distributor ke-5 hingga ke pasar," jelasnya. 

Pihaknya mengatakan tidak akan melakukan intervensi pasar bila kondisi harga di pasar normal. Namun pihaknya tidak akan ragu untuk melakukan intervensi bila ada indikasi kenaikan harga pangan.

Sementara untuk mengantisipasi penimbunan pangan, Kementerian Perdagangan (kemendag) bekerja sama dengan Polri. 

"Kalau ada indikasi ini (penimbunan pangan) kami koordinasi dengan polisi,"  pungkas dia. 



(SAW)