Mendag Hadiri Peresmian Inacham di Hong Kong

   •    Jumat, 01 Dec 2017 11:19 WIB
kementerian perdagangan
Mendag Hadiri Peresmian Inacham di Hong Kong
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu)

Beijing: Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukito menghadiri peresmian "Indonesia Chamber of Commerce" (Inacham) di Hong Kong, Kamis, 30 November 2017.

"Selain Bapak Menteri, acara peresmian itu juga dihadiri 350 pebisnis Indonesia dan Hong Kong," kata Konsul Jenderal RI di Hong Kong Tri Tharyat kepada Antara di Beijing, Jumat, 1 Desember 2017.

Inacham merupakan Kamar Dagang Indonesia di Tiongkok yang terdiri atas beberapa komisi yang mencerminkan visi dan misi organisasi untuk mewadahi kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat Indonesia selain untuk pebisnis dan profesional.

"Keberadaan Inacham sangat penting karena Hong Kong adalah salah satu pusat keuangan dan logistik dunia. Selain itu, Indonesia dan ASEAN merupakan mitra penting Hong Kong di bidang perdagangan dan investasi," kata Konjen.

Pembentukan Inacham merupakan hasil kerja sama antara KJRI dan para pengusaha Indonesia di Hong Kong. Rencana pembentukan Inacham telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Hong Kong pada Mei 2017.

"Ini adalah salah satu dan sekian banyak hasil konkret kunjungan Presiden Jokowi ke Hong Kong," ungkap Tri.

Konjen juga menambahkan bahwa peluncuran Inacham saat ini sangat tepat waktunya karena hubungan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Hong Kong semakin meningkat.

Hong Kong menjadi mitra dagang yang penting dan salah satu sumber investasi terbesar di Indonesia. Sebaliknya Hong Kong juga melihat Indonesia sebagai salah satu mitra strategis dengan dibukanya kantor Hong Kong Trade and Development Council (HKTDC) dan Hong Kong Economic and Trade Office (HKETO) di Jakarta.

Tri juga menekankan pentingnya kehadiran Inacham untuk menjembatani berbagai kepentingan bisnis antara Indonesia dan Hong Kong. Selain itu, pemerintah Hong Kong juga saat ini menekankan pentingnya peningkatan kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi dengan ASEAN sebagaimana kebijakan Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam yang disampaikan setelah pelantikan pada Oktober lalu.

Perjanjian perdagangan bebas antara ASEAN dan Hong Kong juga ditandatangani di Manila, Filipina, bulan lalu yang memberikan peluang bagi peningkatan nilai perdagangan dan investasi antara Hong Kong dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

"Saat ini Inacham telah terdaftar sebagai salah satu asosiasi bisnis di Hong Kong," tambah Tri.

Beberapa pejabat yang hadir dalam peresmian kantor Inacham itu adalah Menteri Keuangan Hong Kong Paul Chan, Utusan Khusus Presiden RI untuk Percepatan Investasi wilayah Hong Kong Taher, Ketua Kadin Rosan P Roeslani, dan Komisioner Kementerian Luar Negeri China di Hong Kong Xie Feng. Inacham Hong Kong beralamatkan di Nanyang Plaza Lantai 11, Jalan Hung To Nomor 57, Kwun Tong, Kowloon.


(AHL)