Kontribusi e-Commerce ke Ramayana Masih Mini

Media Indonesia    •    Minggu, 03 Dec 2017 21:40 WIB
e-commerce
Kontribusi <i>e-Commerce</i> ke Ramayana Masih Mini
Illustrasi (ANT/Agung Rajasa).

Jakarta: General Marketing & Marchandising Manager PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) Jane Melinda Tumewu menjelaskan saat ini porsi e-commerce masih sebesar satu persen dari total penjualan RALS.  

RALS menargetkan kontribusi penjualan daring (online) bisa mencapai lima persen pada akhir tahun ini dan menjadi 10 persen pada tahun depan.

"Tahun depan kita akan meningkatkan penjualan online. Namun, perlu dipahami oleh market, penjualan online itu belum menggerus offline karena hanya 1 persen porsinya," ujar Melinda dikutip dari Media Indonesia, Minggu, 3 Desember 2017.

Melinda mengatakan bahwa penjualan offline di Ramayana masih besar dan lebih seru karena promonya berbeda-beda setiap minggu.

"Itu tidak bisa didapat dari belanja online," kata dia.

Di samping itu, Melinda menyebut pihaknya secara bertahap akan mulai menyasar pada pembukan gerai di mall dan memperbanyak gerai Ramayana Prime (premium) untuk kelas menengah ke atas.

Menurutnya, membuka gerai di mall jauh lebih efisien ketimbang gerai yang berdiri sendiri. Selain itu, hal tersebut dinilai lebih bisa menyasar ke masyarakat yang kini lebih senang ke pusat perbelanjaan.

Saat ini, Ramayana Prime baru berdiri di City Plaza Jatinegara. Melinda mengatakan Ramayana Prime akan masuk ke lima pusat perbelanjaan.

"Ke depan, Ramayana Prime akan diperbanyak untuk masyarakat kelas menengah ke atas. Tahun depan bisa lima mall yang kami masuki," imbuhnya.


(SAW)