Forppi Batam Minta Pemberhentian Izin Minimarket

Media Indonesia    •    Minggu, 18 Jun 2017 13:44 WIB
minimarket
Forppi Batam Minta Pemberhentian Izin Minimarket
UMKM. ANTARA/Rosa Panggabean.

Metrotvnews.com, Batam: Forum Pengusaha Pribumi (Forppi) Kota Batam mengingatkan Wali Kota Batam agar menghentikan pemberian izin baru bagi Alfamart dan Indomart. Pasalnya, hal ini akan mematikan ekonomi kerakyatan. 

Jumlah kedua peritel tersebut hampir mencapai 400 cabang di Batam, sehingga masyarakat yang merupakan pemodal kecil tidak dapat berkembang, bahkan mati karena tidak mampu bersaingan dengan kedua raksasa peritel tersebut.

Ketua DPC Forppi Kota Batam, Marthen Tandi Rura mengatakan jika perlu pemerintah Kota Batam mencabut izin yang dikeluarkan. Sebab, izin tersebut melebihi batas.

"Hal ini sudah kami sampaikan kepada Pemkot Batam. Namun mereka tetapi menjawab bahwa izin tersebut merupakan izin lama yang baru direalisasikan. Jika izin lama, seharusnya dibatasi saja. Bukan menjamur, bagaimana nasib pemilik usaha dagang lainnya yang bergerak di bidang yang serupa," katanya, Minggu 18 Juni 2017. 

Menurut dia, jika izin keberadaan kedua raksasa ritel itu terus dikeluarkan, maka Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Batam makin terpuruk yang berdampak luas bagi ekonomi masyarakat di daerah ini. 

Di beberapa daerah seperti  Sumatera Barat misalnya, tidak memberikan izin jaringan Indomaret dan Alfamart untuk 19 daerah kabupaten dan kota karena di anggap bakal merusak ekonomi daerah. Tujuannya jelas, supaya pelaku-pelaku UKM, pedagang lokal lebih hidup.

"Ini tidak, mereka justru terus menerus mengeluarkan izin, lah UKM ini mau dibawa kemana nanti. Apa pemerintah Kota mau menanggung jika banyak usaha gulung tikar. Ini harus dipikirkan agar keberadaan UKM berimbang dengan izin peritel yang memiliki modal besar, buka mematikannya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Kota Batam Zarepriadi ketika dikonfirmasi mengaku tidak tahu menahu soal izin tersebut, sebab dia baru menggantikan posisi pejabat yang lama sehingga kurang mengerti soal pengeluaran izin tersebut.



(SAW)

YLKI Sebut Masyarakat Harusnya Diberikan Insentif
Biaya Isi Ulang Uang Elektronik Diatur

YLKI Sebut Masyarakat Harusnya Diberikan Insentif

56 minutes Ago

Seharusnya Bank Indonesia (BI) memberikan insentif bagi masyarakat karena sudah membantu menjal…

BERITA LAINNYA