BI: Penjualan Ritel Agustus 2017 Naik 5%

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 15 Sep 2017 19:31 WIB
bank indonesiaritel
BI: Penjualan Ritel Agustus 2017 Naik 5%
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Adeng Bustomi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebut jika penjualan ritel untuk Agustus 2017 mengalami kenaikan sekira lima persen. Padahal pada Juli 2017, penjualan ritel mengalami penurunan sekira tiga persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sebelumnya dalam survei BI, Indeks Penjualan Riil (IPR) hasil Survei Penjualan Eceran Juli 2017 sebesar 209,9 atau turun sebesar 3,3 persen (yoy). Penurunan penjualan retail terjadi baik pada kelompok makanan maupun kelompok nonmakanan.

"Artinya semua positif, ada indikasi bahwa kegiatan konsumsi sudah mulai bangkit," kata Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dodi Budi Waluyo ditemui di Kompleks BI, Jakarta Pusat, Jumat 15 September 2017.

Dirinya menambahkan, indikator peningkatan penjualan ritel salah satunya dipengaruhi oleh kenaikan pendapatan. Hal ini tercermin dari peningkatan upah rill dari buruh tani serta buruh bangunan sebagaimana rilis Badan Pusat Statistik (BPS).

"Dari sisi constrain pendapatan relatif, konsumsi sudah mulai baik, penjualan ritel mulai naik. Indikator durable goods kita juga mulai membaik, terutama barang-barang terkait rumah tangga dan penjualan mobil motor di Juli naik," jelas dia.

Dodi berharap jika ke depannya tingkat konsumsi rumah tangga akan mengalami peningkatan. Dengan begitu konsumsi dapat memberikan peran terhadap pertumbuhan ekonomi  yang lebih tinggi sebagaimana target yang dipasang untuk tahun ini.

"Indikasi bahwa konsumsi mulai membaik. Apakah daya beli mulai pulih? Tergantung daripada pendapatan. Indikasi pendapatan beberapa indikator memang mulai mengalami peningkatan," pungkasnya.

 


(AHL)