BCA Bakal Merespons Potensi Penurunan Suku Bunga BI

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 09 Aug 2017 18:52 WIB
bcasuku bunga
BCA Bakal Merespons Potensi Penurunan Suku Bunga BI
BCA (MI/IMMANUEL ANTONIUS).

Metrotvnews.com, Jakarta: Manajemen PT Bank Central Asia Tbk ‎(BBCA) bakal merespons terus setiap kebijakan Bank Indonesia (BI)  mengenai potensi penurunan suku bunga acuan (BI 7day Repo Rate). Tapi, sikap perseroan untuk menekan suku bunga akan tetap mengacu pada besaran bunga yang ada di pasar.

"Suku bunga di luar negeri dikatakan akan naik, tetapi sampai sekarang tidak naik lagi. Ada ruang bagi BI untuk menurunkan suku bunga acuan," ungkap Wakil Presiden Direktur BCA, Eugene Keith Galbraith, ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

Penurunan suku bunga BI, menurut Eugene, tidak langsung berhubungan dengan penurunan bunga yang ada di pasar. Namun, BCA selalu merespons kebijakan yang ada di BI dan tetap mengikuti perkembangan suku bunga yang ada di pasar.

‎"Memang kadang-kadang penurunan bunga di pasar delay beberapa waktu dari keputusan penurunan bunga acuan BI," terang Eugene.

Gubernur BI, Agus Martowardojo menyatakan, terkendalinya tingkat inflasi di sepanjang 2017 memungkinkan BI untuk melonggarkan kebijakan moneter pada Rapat Dewan Gubernur BI bulan ini dan sejalan dengan upaya menopang pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

"BI melihat kondisi inflasi terjaga dan kami akan betul-betul mengamati. Kalau situasi terus menunjukkan kondisi terjaga, maka tidak tertutup kemungkinan bagi BI akan easing," kata Agus Marto.

Kemungkinan melakukan pelonggaran kebijakan moneter tersebut sejalan dengan upaya BI dalam merespons dan membantu terjaganya investasi dan laju pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.


(SAW)