Resolusi Sawit Parlemen Uni Eropa Sarat Muatan Politis

Mulvi Muhammad Noor    •    Kamis, 20 Apr 2017 14:56 WIB
kelapa sawit
Resolusi Sawit Parlemen Uni Eropa Sarat Muatan Politis
Ilustrasi petani sawit. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Metrotvnews.com, Bogor: Parlemen Uni Eropa mengeluarkan resolusi terkait sawit Indonesia. Kalangan pengusaha menilai resolusi yang ditawarkan sarat muatan politis, hanya menguntungkan Uni Eropa.

Menurut Managing Director Suistainability & Strategic Stakeholders Engangement PT Sinar Mas Agro Resources and Technology, Agus Purnomo, dokumen rekomendasi Parlemen Uni Eropa bukan dokumen ilmiah, melainkan politik.

"Dokumennya, dokumen politik bukan ilmiah. Kita juga harus menyikapinya secara politis," kata Agus dalam kuliah umum di Auditorium Gedung Andi Hakim Nasution Institut Pertanian Bogor Kampus Dramaga, Kamis 20 April 2017.




Dia menuturkan, resolusi sawit Indonesia versi Parlemen Eropa hanya akal-akalan bisnis minyak nabati saja. Buktinya, dalam rekomendasinya sendiri, Parlemen Eropa merekomendasikan penggunaan minyak bunga matahari dan bunga rafa, yang banyak ditanam di Eropa.

Agus menjelaskan, asosisasi perusahaan sawit dan Pemerintah RI sudah menyatakan penolakan resolusi itu. Intinya, tidak setuju dengan tudingan Parlemen Eropa yang menilai bisnis sawit di Indonesia erat dengan isu deforestasi hutan, pelanggaran HAM, penghilangan hak masyarakat adat, pekerja anak, dan korupsi.

"Resolusi ini sarat politis, rekomendasinya jelas untuk lebih menggunakan bunga matahari dan bunga rafa. Jadi lucu, analisa nya apa rekomendasinya apa" tutur Agus.

Indonesia bersama Malaysia merupakan dua negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia, menyuplai 80 persen kebutuhan CPO dunia. Produksi sawit Indonesia setiap tahunnya berkisar 33-34 juta ton.

Di lingkup domestik, Sinar Mas menjadi perusahaan dengan lahan sawit terluas, mencapai 500 ribu hektare (ha) dan total produksi 6-7 juta ton per tahun. Sementara di dunia, Sinar Mas menempati posisi kedua setelah perusahaan asal Malaysia, Sime Darby.

 


(AHL)