Jokowi-Lee Sepakat Jadikan Batam Jembatan Digital

Antara    •    Kamis, 11 Oct 2018 16:32 WIB
ekonomi digitalIMF-World Bankbp batam
Jokowi-Lee Sepakat Jadikan Batam Jembatan Digital
Presiden Jokowi (kanan), Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kiri). Foto: Medcom.id/ Annisa Ayu

Nusa Dua: Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong sepakat untuk menjadikan Batam sebagai jembatan digital atau digital bridge Indonesia. Hal itu disampaikan dalam Annual Leaders Retreat di sela pertemuan tahunan IMF-WB 2018.

"Saya dan PM Lee sepakat terus mendorong kerja sama ekonomi digital. Nongsa Digital Park di Batam yang meluncur awal tahun ini terus berkembang dan sudah ada 56 perusahaan teknologi digital di sana," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Nusa Dua, Bali, Kamis 11 Oktober 2018.

Presiden mengatakan kerja sama ini berupa pelatihan digital dan e-commerce yang terus diintensifkan agar sumber daya manusia (SDM) kedua negara siap menghadapi revolusi  industri 4.0

"Seperti pengembangan teknologi finansial, industri 4.0," imbuh Jokowi.

Selain itu, kedua negara juga membahas perkembangan Kendal Industrial Park yang diresmikan oleh Jokowi dan Lee pada 2016 silam.

"Saat ini sudah ada 43 investor termasuk dari Singapura. Saya harap kerja sama serupa dapat dilakukan di kawasan ekonomi khusus lain," tambah dia.

Adapun Presiden Jokowi dan PM Lee sejak Kamis pagi melakukan sederet agenda bersama mulai dari tete-a-tete, Annual Leaders Retreat Indonesia-Singapore, dan joint press statement. Pertemuan rutin kedua negara bertujuan untuk mempererat dan menindaklanjuti kerja sama kedua negara.




(Des)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

20 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA