Akhir 2018

Bos Mandiri Yakin Ekonomi Indonesia Terus Membaik

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 06 Dec 2018 07:14 WIB
bank mandiri
Bos Mandiri Yakin Ekonomi Indonesia Terus Membaik
Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo (Foto: Medcom/Annisa Ayu Artanti)

Jakarta: Di penghujung 2018 hingga di 2019, nilai tukar rupiah dan aliran dana yang masuk ke Tanah Air diproyeksikan terus membaik dibandingkan dengan di pertengahan 2018. Kondisi itu nantinya diharapkan memberi efek positif terhadap perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan sinyal membaiknya nilai tukar rupiah dan aliran dana masuk terlihat dari kondisi saat ini yaitu level nilai tukar rupiah lebih kuat dibandingkan dengan negara berkembang lainnya dan adanya peningkatan harga saham.

"Dan ini terasa sebulan terakhir portofolio arus modal masuk terutama bond dan equity mulai masuk cukup signifikan. Ini harapan bahwa kita mengakhir 2018 dengan catatan yang baik," kata Kartika, dalam sambutannya di acara Economic Outlook Bank Mandiri, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Rabu malam, 5 Desember 2018.

Tiko sapaan akrabnya menjelaskan enam bulan lalu ia bertemu dengan beberapa investor dan analis di luar negeri. Para investor dan analis beranggapan kondisi dan risiko ekonomi yang dihadapi Indonesia sama dengan negara berkembang lainnya seperti Argentina, Turki, Brasil, dan Afrika Selatan.

Namun setelah melihat Indonesia kini, Tiko melanjutkan, para analis tersebut menilai Indonesia  negara yang cukup kuat menghadapi perubahan ekonomi global. "Mereka mulai melihat bahwa ekonomi Indonesia lebih memiliki daya tahan dan merupakan negara berkembang yang kuat terhadap perubahan ekonomi global," jelas dia.

Untuk 2019, masih kata Tiko, beberapa faktor sudah memperlihatkan kondisi ekonomi Indonesia semakin membaik. Hal itu, Tiko menyebutkan. seperti peningkatan konsumsi domestik menembus lima persen, adanya penguatan likuiditas dan moneter serta pertumbuhan kredit.

"Ini merupakan tanda-tanda bahwa ekonomi Indonesia semakin menggeliat dan tentunya tren ini berlanjut di 2019 nanti," pungkas dia.


(ABD)


Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

Struktur BP Batam Dipastikan Tidak Berubah

38 minutes Ago

Struktur organisasi dari BP Batam dipastikan tidak berubah meski figur pemimpin dalam organisas…

BERITA LAINNYA