BUMN Dimita Pacu Kinerja

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 13 Sep 2018 18:02 WIB
berita dpr
BUMN Dimita Pacu Kinerja
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal - - Foto: dok DPR RI

Jakarta: Komisi VI DPR RI meminta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memacu kinerja perusahaan plat merah. Pasalnya, perusahaan BUMN diharapkan berjaya di dalam negeri.

"Kementerian BUMN harus memacu kinerja perusahaan BUMN, terutama para pemimpinnya agar bekerja lebih keras lagi. Sehingga BUMN menjadi juara di Indonesia. Karena kalau sudah menjadi juara di negara sendiri, baru bisa menjadi juara di luar negara,” kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal saat dikutip dari dpr.go.id, Kamis 13 September 2018.

Politikus Gerindra ini menginginkan BUMN pemimpin pergerakan ekonomi Indonesia. Ia tak ingin kinerja perusahaan plat merah itu justru kalah dengan perusahaan  swasta.

“Yang kita harapkan adalah menjadi agent of development, yaitu memberi ruang untuk perusahaan swasta untuk tumbuh. Tetapi juga harus dipacu agar perusahaan BUMN mengambil peran yang leading di Indonesia,” tutur dia.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI Dwie Aroem Hadiatie mengatakan, kinerja swasta saat ini jauh lebih baik daripada BUMN jika dilihat dari segi efesiensi biaya.

“BUMN ini harus mampu bersaing dengan sektor swatsa, karena cost efficiency-nya jauh lebih efektif dibandingkan BUMN," pungkas dia.


(Des)