Tingkatkan Literasi

Bhinneka Life Dorong Akses Asuransi ke Seluruh Lapisan Masyarakat

Angga Bratadharma    •    Jumat, 08 Jun 2018 09:32 WIB
asuransi jiwa
Bhinneka Life Dorong Akses Asuransi ke Seluruh Lapisan Masyarakat
Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono (kiri) (FOTO: dokumentasi Bhinneka Life)

Jakarta: Bhinneka Life memandang perlunya upaya untuk meningkatkan edukasi dalam hal literasi keuangan, khususnya mengenai industri asuransi di Indonesia. Bhinneka Life menilai asuransi seharusnya bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarat di Indonesia dan bukan hanya di kota-kota besar.

Direktur Utama Bhinneka Life Wiroyo Karsono mengatakan sebagai perusahaan asuransi nasional Bhinneka Life memiliki tekad untuk bisa menjangkau seluruh masyarakat di wilayah Indonesia hingga ke kota-kota kecil dan wilayah perdesaan. Hal itu agar mereka dapat merencanakan keuangan lebih baik sekaligus mendapatkan proteksi bagi diri dan keluarganya.

"Kami percaya, pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan semakin baik apabila masyarakatnya terlindungi dengan baik dan tentunya melalui asuransi dalam menghadapi faktor risiko di masa depan," ujar Wiroyo Karsono, dalam acara buka puasa bersama dengan awak media, di Jakarta, Kamis malam, 7 Juni 2018.

Ia menilai edukasi mengenai literasi keuangan merupakan upaya yang dilakukan terus menerus kepada masyarakat. Bhinneka Life percaya apabila masyarakat memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik, mereka akan dapat merencanakan kehidupannya dengan lebih baik lagi.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga 2017, indeks literasi asuransi di Indonesia baru mencapai 15,76 persen atau turun dari survei di 2013 yang berada pada angka 17,84 persen. Rendahnya tingkat literasi ini berdampak kepada masih banyaknya penduduk Indonesia yang tidak terlindungi asuransi.

Menurut data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), dari total penduduk Indonesia sekitar 255 juta jiwa, baru sekitar 7,5 persen masyarakat yang memiliki asuransi. Di titik ini, perlu ada upaya untuk terus melakukan edukasi agar masyarakat bisa memahami apa itu produk keuangan, termasuk produk asuransi.

"Kami percaya, upaya edukasi literasi asuransi ini merupakan wujud dari semangat Bhinneka Life untuk membangun Indonesia," pungkas Wiroyo.

 


(ABD)