Kembangkan Jalan Tol, Waskita Karya Suntik Anak Usaha Rp3,09 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 14 Sep 2016 19:40 WIB
waskita karya
Kembangkan Jalan Tol, Waskita Karya Suntik Anak Usaha Rp3,09 Triliun
Ilustrasi. FOTO Antara/Rekotomo.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) mengembangkan usaha di bidang pengelolaan jalan tol dan memberikan pinjaman kepada anak usaha yakni PT Waskita Toll Road (WTR). Pinjaman yang diberikan perseroan ke WTR mencapai sebesar Rp3,09 triliun.

"Kami memandang bahwa pemberian dana talangan tersebut guna mendukung percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol dan merupakan kegiatan usaha utama perseroan serta bukan merupakan transaksi bisnis," kata Sekretaris Perusahaan Waskita, Hadi Susilo, seperti dikutip dalam laporannya di keterbukaan informasi BEI, Rabu (14/9/2016).

Hadi mengatakan,‎ ‎dana itu akan digunakan WTR untuk membiayai proyek-proyek pembangunan jalan tol yang dimilikinya sendiri atau pun yang melalui anak usahanya. 

"Waskita Toll Road selaku anak usaha kami dengan kepemilikan 99,9 persen telah mendapatkan fasilitas pinjaman sebesar Rp3,09 triliun. Ini  berdasarkan perjanjian fasilitas pinjaman pemegang saham," ungkap Hadi.

Suntikan modal tersebut, ‎bilang Hadi, sebesar Rp72,5 miliar akan diberikan ke anak usahanya yakni PT Citra Waspphutowa (CW) untuk pengadaan lahan jalan tol ruas Depok-Antasari.

Kemudian, sebesar Rp773,35 miliar diberikan ke PT Waskita Transjawa Toll Road (WTTR). WTTR akan meneruskan dana itu kepada anak usahanya lagi yakni PT Pejagan Pemalang Toll Road. 

"‎PT Pejagan Pemalang Toll Road merupakan pemegang konsensi jalan tol ruas Pejagan Pemalang," tegas Hadi. 



(SAW)