AP I Butuh Dana Rp17 Triliun di Tahun Ini

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 18 Apr 2017 13:11 WIB
angkasa pura 1
AP I Butuh Dana Rp17 Triliun di Tahun Ini
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Angkasa Pura I (Persero) menyebutkan tahun ini membutuhkan dana sekira Rp17 triliun. Pendanaan ini akan didapatkan dari penerbitan surat utang (obligasi) serta pinjaman ke perbankan nasional.

Direktur Utama Angkasa Pura I Danang S Baskoro mengatakan, porsi untuk obligasi maupun pinjaman bank belum bisa ditentukan. Pasalnya perseroan masih menunggu perkembangan ekonomi tahun ini serta tren suku bunga yang berkembang.

"Kita tunggu timing yang tepat, enggak bisa saya jauh-jauh hari ngomong proporsionalnya mau obligasi sekian karena pada saatnya nanti banyak BUMN yang terbitkan obligasi. Pinjaman perbankan juga begitu saya enggak berani tentukan berapa karena jumlahnya besar," ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa 18 April 2017.

Baca: Angkasa Pura I Dapat Suntikan Dana Rp4 Triliun

Dirinya menambahkan, dana sebesar itu akan dimanfaatkan untuk pengembangan dan perluasan sejumlah bandara. Ada beberapa bandara yang rencananya menjadi target AP I seperti Manado, Banjarmasin, Semarang, Yogyakarta, Bali, hingga Makassar.

"Itu untuk pengembangan dan pembangunan, kan ada Banjarmasin, Semarang, Jogja, kemudian pengembang ada di Kupang, di Manado, Surabaya, Bali, Makassar, semuanya. Kebutuhan per bandara beda-beda karena satu perluasan dan pengembangan," jelas dia.

Secara total, dana yang dibutuhkan oleh AP I untuk perluasan san pembangunan bandara mencapai Rp54 triliun. Namun kebutuhan tahun ini yang dibutuhkan oleh perseroan sekira Rp17 triliun ditambah dana dari internal AP I meski jumlahnya tidak banyak.

"Jadi kita akan mix mana yang paling tepat, ini kan kondisi keuangan terus bergerak dan dinamis. Pada saat butuh mana yang paling menguntungkan itu yang kita lakukan," pungkas dia.

 


(AHL)