Mendag Minta Pengusaha AS Tak Takut Berinvestasi di Indonesia

Whisnu Mardiansyah    •    Sabtu, 09 Sep 2017 21:24 WIB
investasi
Mendag Minta Pengusaha AS Tak Takut Berinvestasi di Indonesia
Mendag Enggartiasto Lukita di sela pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministers/AEM) di Pasay City, Filipina -- Foto: Humas Kemendag

Metrotvnews.com, Filipina: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak pengusaha Amerika Serikat untuk berinvestasi di Tanah Air. Ia menjamin iklim investasi di Indonesia aman terkendali. Enggar meminta para pengusaha negeri Paman Sam itu tak perlu cemas dan khawatir terhadap kebijakan investasi Indonesia.

Hal itu disampaikan saat pertemuan bilateral dengan asosiasi pengusaha Amerika Serikat yang tergabung dalam United States-ASEAN Business Council (USABC) di sela pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministers/AEM) di Pasay City, Filipina.

Selama ini, kata Enggar pengusaha Amerika masih ragu berinvestasi di Indonesia karena kebijakan Indonesia yang cenderung proteksionis terhadap investasi asing. Misalnya seperti industrialisasi sumber daya air, kewajiban kandungan lokal untuk industri farmasi, serta rencana penerapan national payment gateway.

"Saya tegaskan kepada pengusaha USABC bahwa tidak usah traumatik. Indonesia berbeda dengan negera yang lebih proteksionistis. Kami tidak akan membatasi investasi dan tetap akan melindungi investasi di Indonesia," ucapnya.

Di sisi lain, saat pengusaha Amerika Serikat ingin memperluas investasinya di Indonesia dihambat sejumlah regulasi dan kebijakan yang menyulitkan.

"Saya yakin kepada pengusaha USABC bahwa pemerintah Indonesia tidak akan membiarkan investasi yang masuk terganggu dan kami membuka peluang investasi sebanyak-banyaknya," tutupnya.

Di sisi lain, pengusaha Amerika pun kini merasa cemas dengan kebijakan ekonomi dalam negerinya yang justru proteksionis dibawah Donald Trump. Ditambah, Donald Trump akan menarik diri dari kerja sama ekonomi multirateral sehingga akan berdampak pada iklim usaha di Amerika Serikat.

 


(Des)