BNI Salurkan KPR Masyarakat Berpenghasilan Tidak Tetap

   •    Selasa, 15 Aug 2017 15:00 WIB
bni
BNI Salurkan KPR Masyarakat Berpenghasilan Tidak Tetap
Ilustrasi (MI/Mohamad Irfan)

Metrotvnews.com, Palembang: PT Bank Negara Indonesia (Persero) (BBNI) Tbk (BNI) Kantor Wilayah Palembang menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi masyarakat berpenghasilan tidak tetap untuk mendukung program pemerintah satu juta rumah.

Pemimpin Konsumer Banking BNI Kantor Wilayah Palembang AA Gede Putra mengatakan, potensi bisnis untuk kalangan berpenghasilan tidak tetap ini terbilang sangat besar karena tidak seluruh bank memiliki KPR-nya.

"Bank sepertinya enggan karena risikonya terlalu besar tapi bagi BNI ini merupakan tantangan yakni bagaimana merancang suatu program mitigasi," kata Gede Putra, seperti dikutip dari Antara, di Palembang, Selasa 15 Agustus 2017.

Untuk itu BNI akan menggandeng developer yang bonafit untuk proteksi penyaluran kredit. Pengembang setidaknya memiliki aset yang jelas dan memenuhi syarat seperti fasilitas umum dan fasilitas khusus yang harus disediakan setiap perumahan.

Sementara kreteria debitur sendiri lebih kepada masyarakat yang memiliki usaha dengan income berkesinambungan atau reguler. Dengan kata lain, masyarakat yang memiliki usaha yang bisa diverifikasi dari bank.

"Singkatnya, penghasilan yang didapatkan dari debitur tersebut rutin setiap bulan meski jumlahnya tidak tetap," kata dia.


(ABD)