Sri Mulyani Targetkan Rasio Pajak 16% di 2019

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 12 Jul 2017 19:44 WIB
pajak
Sri Mulyani Targetkan Rasio Pajak 16% di 2019
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. MTVN/Suci Sedya Utami.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menargetkan tax ratio atau rasio pajak bisa mencapai 16 persen untuk tahun 2019. Hal tersebut dikatakan dia dalam  acara International Tax Conference yang digelar IMF dan Kemenkeu.

Padahal, Ani, sapaan akrabnya, pernah bilang untuk tahun depan saja ketika diminta untuk meningkatkan tax ratio 13 persen, dia mengaku itu hal yang sulit. Bahkan, penerimaan pajak tahun ini pun dipangkas Rp50 triliun.

Ani menjelaskan untuk target tax ratio 16 persen dari produk domestik bruto (PDB), pemerintah telah dan akan terus melakukan reformasi perpajakan. Reformasi ini dianggap penting untuk membenahi kemelut perpajakan dalam negeri yang membuat penerimaan lesu.

"Dengan tax reform team yang sekarang ini sedang berjalan, kita berjuang untuk menaikkan tax ratio," kata Ani di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Rabu 12 Juli 2017.

Dia memastikan, dalam mengupayakan kenaikan tax ratio tak akan membuat perekonomian nasional terbebani. Ani mengatakan, mengutip hasil kajian IMF yang menyebutkan bahwa dengan administration reform maka bisa mendapatkan satu persen kenaikan penerimaan pajak setiap tahunnya.

Oleh karenanya, dalam agenda reformasi perpajakan, dikatakan Ani, seluruh tim mencoba memperbaiki bisnis proses mulai dari IT sistem, perbaikan kualitas pegawai dan juga kepatuhan pembayar pajak.

"Itu sangat penting dalam rangka menaikkan tax ratio. Kami akan coba semaksimal mungkin," pungkas dia.


(SAW)