Mandiri Capital Targetkan Biayai 7 Start Up Tahun Ini

Eko Nordiansyah    •    Senin, 19 Jun 2017 18:57 WIB
mandiri capital indonesia
Mandiri Capital Targetkan Biayai 7 <i>Start Up</i> Tahun Ini
Illustrasi (ANT/Eric Ireng)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mandiri Capital Indonesia (MCI) menargetkan dapat membiayai tujuh startup hingga akhir tahun. Saat ini, Mandiri Capital telah mendanai tiga startup, yakni Amarthan, Moka, dan PrivyID sehingga masih ada empat startup lagi yang akan dikucuri pembiayaan oleh anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Chief Financing Officer MCI Hira Laksamana mengatakan, tiga dari empat startup yang akan didanai adalah perusahaan yang bergerak di sektor pembayaran atau payment. Sedangkan satu lagi merupakan perusahaan sektor solusi perusahaan atau enterprise solution yakni pembukuan laporan.

"Sebenarnya kami sudah mendanai keempat startup tersebut, hanya saja belum kami rilis. Mungkin bulan selanjutnya kami rilis. Pendanaan belum Kami umumkan karena harus komunikasi dengan pemegang saham lainnya," ujar Hira saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin 19 Juni 2017.

Dirinya menambahkan, nantinya Mandiri Capital akan bekerja sama dengan modal ventura lainnya. Meski enggan merinci modal yang akan diberikan tetapi secara total pihaknya telah menyalurkan dana kepada tujuh startup tersebut sekira Rp300 miliar.

Lebih lanjut, setelah membiayai ketujuh perusahaan tadi Mandiri Capital masih akan mencari start up lain untuk diberikan pinjaman. Dengan begitu, Mandiri Capital akan akan memberikan pendanaan kepada 11 startup yang ada di Indonesia.

"Kami masih punya Rp200 miliar lagi untuk investasi. Jadi kami lihat nanti sinergi dengan startup mana yang baik buat Bank Mandiri. Targetnya kan tahun ini udah ada tujuh, Kami akan empat startup lagi. Masalah berapanya nanti tergantung valuasinya," pungkas dia.

Sekadar diketahui, Mandiri Capital Indonesia merupakan perusahaan patungan yang dimiliki oleh Bank Mandiri dan Mandiri Sekuritas. Perusahaan ini memilki fokus bisnis modal ventura untuk mendukung pengembangan pengusaha perintis.


(SAW)