OJK: 91 Perusahaan Jalankan Investasi Bodong

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 21 Apr 2017 15:08 WIB
ojkinvestasi bodong
OJK: 91 Perusahaan Jalankan Investasi Bodong
Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: ‎Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah mendapatkan laporan sebanyak 91 kegiatan investasi bodong selama periode Agustus 2016 sampai akhir Maret 2017. Dari total tersebut, 19 di antaranya telah dihentikan pada tahun ini.

"Per akhir Maret 2017, telah ada 91 laporan investasi bodong yang kami terima. Dan kemarin yang sudah dihentikan Satgas sudah 19 kegiatan yang dihentikan," ‎ungkap A‎nggota Dewan Komisioner bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono, ‎ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat 21 April 2017.

Meski tidak merinci 91 kegiatan investasi bodong, Kusumaningtuti menyebut rata-rata kegiatan yang dilakukan oleh pelaku merupakan kegiatan penghimpunan dana nasabah.




"Bentuknya penghimpunan dana masyarakat yang kemudian tidak jelas bagaimana menggenerasikan uangnya karena itu sistem piramida. Jadi menggantungkan partisipasi dari peserta berikutnya. Sehingga akhirnya walaupun menjanjikan imbal hasil yang tinggi sekali, kemudian tidak bisa memenuhi janji untuk mengembalikan pokoknya," papar Tituk sapaan akrab Kusumaningtuti.

Maka dari itu, dia mengharapkan seluruh masyarakat‎ Indonesia agar bisa berhati-hati dalam menghimpun dana yang menawarkan keuntungan tidak masuk akal. "Satu saja yang paling mudah diingat adalah begitu imbal hasilnya di atas rata-rata pasar yang ditawarkan, itu harus hati-hati," terang Tituk.

‎Dia menambahkan, pelaku investasi bodong jangan bermain-main untuk mengambil kesempatan yang bisa merugikan banyak masyarakat. Jika sudah merugikan, maka tersangkanya akan ditahan oleh kepolisian.

"Kalau ternyata masih menjalankan tindakan yang merugikan masyarakat, pasti ditindak penegak hukum yang akan melakukan," pungkas Tituk.


(AHL)

Menko Darmin Jamin Indonesia Tidak Tambah Utang
Bank Dunia Dorong Investasi

Menko Darmin Jamin Indonesia Tidak Tambah Utang

1 hour Ago

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam pidatonya berjanji bakal mengupayakan berbagai investasi…

BERITA LAINNYA