Kalla: Proyek KA Cepat Jakarta-Surabaya Segera Dimulai

Dheri Agriesta    •    Rabu, 13 Jun 2018 14:33 WIB
kereta cepat
Kalla: Proyek KA Cepat Jakarta-Surabaya Segera Dimulai
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dok : Terbit.

Tokyo: Proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan segera dimulai. Proyek ini tinggal menunggu kajian lengkap yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Nah dari situ baru diadakan tender," kata Kalla di Tokyo, Jepang, Rabu, 13 Juni 2018.

Selanjutnya pemerintah akan memilih lintasan yang akan digunakan kereta cepat tersebut. Ada dua pilihan lintasan yang bisa digunakan, elevated, serta underground.

Pemilihan lintasan menjadi faktor penting buat operasional kereta cepat ini. Kalla menyebut perjalanan kereta cepat Jakarta-Surabaya bakal memakan waktu 12 jam dengan adanya lintasan sebidang.

"Kalau bisa dibuat elevated atau underground maka itu bisa lima sampai enam jam (perjalanan) Jakarta Surabaya," kata Kalla.

Perjalanan yang relatif singkat bisa membuat kereta cepat Jakarta-Surabaya bersaing dengan pesawat terbang. Saat ini, masyarakat cenderung memilih pesawat terbang karena murah dan cepat.

"Tapi kalau sudah lima jam itu dari rumah ke airport sejam, pulang dari airport sejam, nah itu bisa sama (total perjalanan)," jelas Kalla.

Masalah pembiayaan proyek pun sudah rampung. Proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya sepenuhnya dibiayai pinjaman dari Jepang.

"Pendanaannya sudah oke, pinjaman Jepang," pungkas Kalla.

 


(SAW)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA