BRI Jayapura Simpan 14 Juta Kina PNG

   •    Senin, 11 Jun 2018 08:59 WIB
bripapua nugini
BRI Jayapura Simpan 14 Juta Kina PNG
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jayapura: PT BRI (Persero) Kantor Wilayah Jayapura, Papua, mencatat saat ini ada 14 juta kina (mata uang Papua Nugini) yang tersimpan dalam kas bank itu. Uang tersebut tidak bisa ditukarkan dalam jumlah banyak karena bank di Papua Nugini menghadapi keterbatasan dana.

"Ada 14 juta kina di Kanwil Jayapura, kalau total dalam nilai rupiah Rp63 miliar," ujar Wakil Pimpinan Wilayah BRI Jayapura, Suwarya di Jayapura, seperti dikutip dari Antara, Senin, 11 Juni 2018.

Ia menjelaskan BRI telah meminta bantuan Bank Indonesia untuk membicarakan minimnya jumlah uang yang bisa diserap oleh perbankan di Papua Nugini.

Menurut dia, nilai kina yang tersimpan di BRI cukup besar dan tidak efisien karena bank BUMN itu tidak bisa mengelola dana tersebut untuk mendorong peningkatan perekonomian daerah.

"Memang dengan hal tersebut secara bisnis kita tidak diuntungkan karena harusnya uang tersebut diputar tetapi justru mengendap. Tetapi ini sudah menjadi tugas negara," jelas dia.

Suwarya menyebut rata-rata transaksi pembelian kina sebanyak 987 transaksi per bulan dan rata-rata penjualan 327 transaksi per bulan.

Ia menjelaskan masyarakat Indonesia yang biasa melakukan pembelian kina adalah para pengusaha yang ingin mencari vanili dari Papua Nugini atau PNG. Sedangkan masyarakat PNG yang membeli rupiah umumnya mereka yang ingin berdagang dan juga ingin memenuhi kebutuhan hidupnya.


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA