KKP: Badai Siklon Memengaruhi Tangkapan Ikan Nelayan

   •    Senin, 11 Dec 2017 09:43 WIB
nelayanperikanankelautan dan perikanan
KKP: Badai Siklon Memengaruhi Tangkapan Ikan Nelayan
Nelayan menata ikan tuna untuk pangsa ekspor (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Bantul: Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkirakan badai siklon Tropis Cempaka dan Dahlia yang terjadi di sebagian wilayah Indonesia beberapa waktu lalu memengaruhi hasil tangkapan ikan. Diharapkan hal seperti ini tidak memberi efek negatif terhadap kesejahteraan para nelayan.

"Siklon itu jelas memengaruhi, karena ikan-ikan itu juga seperti manusia. Mereka punya kemampuan beradaptasi yang luar biasa, jadi ikan pindah-pindah," kata Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Sjarief Widaja, seperti dikutip dari Antara, di Kabupaten Bantul, DIY, Senin, 11 Desember 2017.

Menurut Dirjen pengaruh atau terjadi penurunan terhadap hasil tangkapan ikan itu terutama dialami nelayan yang di sekitar perairannya terdampak badai siklon tersebut. Sebab cuaca itu membuat ikan-ikan menjauh dari lokasi badai.

"Misalkan ikan tuna, begitu cuaca naik, suhu air laut mereka akan bergerak ke tempat yang lebih dingin dan begitu seterusnya. Bagi nelayan ini merupakan suatu suasana alam yang berubah dan mereka pasti akan menyesuaikan," tuturnya.

Dirjen menambahkan, apabila ada badai siklon-siklon seperti Cempaka dan Dahlia seperti itu mereka para nelayan akan memutuskan untuk tidak melaut menangkap ikan, karena hasilnya tidak sesuai harapan.

"Dan saya rasa sebagai insan profesional yang bekerja di laut, mereka pasti akan menyesuaikan dengan cuaca, dan siklon ini suatu gejala alam yang selalu kita hadapi pada setiap saat," pungkas Sjarief Widaja.


(ABD)

Petaka di Gedung Bursa

Petaka di Gedung Bursa

15 hours Ago

77 orang terluka dalam insiden ambruknya selasar di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Polisi m…

BERITA LAINNYA